4 Tips Menjaga Tubuh Tetap Bugar di Musim Pancaroba

dr Wachyudi Muchsin - (Dok. CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Memasuki musim pancaroba terkadang seseorang lebih mudah terkena penyakit akibat imun tubuh yang tidak stabil.

Cuaca yang berubah dari musim kemarau ke musim hujan, ikut mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang hingga mudah terjangkit penyakit.

Dokter Wachyudi Muchsin selaku praktisi kesehatan mengatakan bahwa terdapat penyakit-penyakit yang kerap kali menjangkit seseorang saat musim pancaroba.

Penyakit penyakit tersebut, antara lain flu atau pilek, batuk, demam berdarah, cikungunya dan penyakit non infeksi lainnya yang dapat menjangkit seseorang.

"Musim pancaroba ini identik dengan peralihan dari pada musim hujan ke musim kemarau atau musim kemarau ke musim hujan. Dua peralihan ini menimbulkan efek kesehatan, seperti pilek, batuk, flu, demam berdarah, cikungunya dan penyakit-penyakit non infeksi yang bisa menyertai kita," kata dr Wachyudi kepada CELEBESMEDIA.ID, Jumat (7/10/2022).

Namun, Anda tak perlu khawatir karena dr Wachyudi memberikan sejumlah tips yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan di masa pancaroba ini.

1. Makan Makanan Bergizi

Hal penting yag harus dilakukan untuk memnjaga tetap bugar di musim pancaroba yakni dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Hal ini penting  sebab makanan sehat dengan nutrisi dan gizi yang seimbang akan membantu tubuh kita tetap kuat di musim pancaroba. Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan tubuh dengan makanan kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Seperti sayuran, lemak sehat, buah-buahan.

2. Rajin Berolahraga

Sama halnya dengan mengonsumsi makanan sehat, berolahraga juga dapat menjaga kesehatan fisik dan mental Anda.

Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 10-15 menit per harinya. Selain menjaga imun, olahraga juga dapat meningkatkan daya fokus ataukinerja otak, menjaga berat badan, mencegah resiko terkena penyakit tertentu, dan masih banyak lagi.

3. Berpikiran Positif

Hal penting lainnya agar kondisi tubuh tetap saat yakni dengan berpikiran positif dengan cara mengelola stres. Stres membuat kita lebih mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan ketika stres melanda, tubuh kita melepaskan 1 hormon penting yang berperan dalam melawan penyakit yakni hormon kortisol.

"Yang harus kita lakukan adalah yang pertama makan-makanan yang bergizi dan seimbang, yang kedua kita harus rajin olahraga, yang ketiga bagaimana caranya kita berpikir positif," tutur Wachyudi.

4. Terapkan Protokol Kesehatan

Bukan hanya itu, dr Wachyudi juga menambahkan tips lainnya yakni terus mematuhi protokol kesehatan Covid-19, karena Covid-19 masih ada hingga saat ini.

"Yang terakhir adalah bagaimana kita tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 karena Covid-19 belum mereda di muka bumi ini," lanjut Wachyudi.

Dengan menerapkan tips-tips tersebut, Wachyudi berharap masyarakat bisa tetap sehat dan beraktivitas di masa pancaroba.

"Dengan proses ini, tentunya kita bisa menjadikan sehat dan tetap beraktivitas di masa musim pancaroba," tutup Wachyudi.

 Laporan : Fitri Khaerunnisa