Lakukan 5 Tips Ini agar Senin Lebih Produktif

Ilustrasi - (foto by pexels)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Senin kadang menjadi hari yang menakutkan bagi sebagain orang. Bahkan tak jarang ada yang merasakan kecemasan menghadapi hari Senin. Kondisi ini disebut Monday blues.

Menurut laman Healthline, Monday blues adalah sensasi lesu, tegang, sedih atau tidak bersemangat menyambut hari kerja. Kondisi ini juga diartikan sindrom perasaan negatif awal pekan, biasa dialami orang-orang yang tidak bahagia dengan pekerjaannya. 

Nah untuk menghilangkan rasa kurang menyenangkan, CELEBESMEDIA.ID menghimpun dari berbagai sumber, 5 tips dari peneliti menghadapi hari Senin agar lebih produktif dan menyenangkan.

1. Tidur yang cukup

Penelitian dari National Chengchi University menunjukkan, orang yang memiliki pola tidur sama dari Senin sampai Kamis, lalu mengubah pola tidurnya 2 jam lebih telat pada Jumat dan Sabtu, akan menyebabkan kesulitan tidur pada hari Minggu, menurunkan mood pada Senin pagi dan menghasilkan monday morning blues. Oleh karena itu, disarankan untuk tidur lebih awal di hari Minggu. 


2. Sarapan

Memulai Senin pagi dengan sarapan mungkin terlihat sepele, tetapi menurut terapis nutrisisekaligus co-author Intuitive Eating and author of The Intuitive Eating Workbook for Teens, Elyse Resch, RDN, sarapan seimbang yang cukup mengisi perut dapat membuat tubuh kenyang sepanjang hari.

Menurut sebuah ulasan di International Journal of Gastronomy and Food Science, selain mencegah kelaparan, sarapan juga dapat meningkatkan suasana hati.


3. Memakai pakaian yang bangkitkan mood

Menurut pendiri Fashion Psychology Institute di New York City, pakaian bisa menjadi cara untuk menangkal emosi-emosi negatif.

Maka pilihlah pakaian yang akan digunakan pada malam sebelumnya sehingga Anda akan lebih siap pada Senin pagi.

Untuk membuat suasana hati menajadi meningkat, pilihlah warna-warna terang, bahan atau motif dan merek kesukaanmu.


4. Menciptakan ritual pagi hari

Menurut pendiri dan direktur eksekutif Cira Center for Behavioral Health di Chicago, Colleen D Cira, PsyD, otak kita menyukai rutinitas.

Selain itu, semakin sedikit yang harus dikerjakan oleh otak, maka kita akan lebih bahagia.

Jangan bebankan pikiran Anda dengan rutinitas yang berat di pagi hari awal pekan, misalnya dengan rutinitas menyeduh kopi atau teh di pagi hari.

Memiliki sedikit rutinitas menyenangkan akan membuat Senin-mu terasa tidak terlalu menegangkan dan lebih positif.


5. Melakukan kebaikan acak

Sebuah penelitian yang dipublikasikan melalui Journal of Social Psychology menemukan bahwa mempraktikkan kebaikan selama tujuh hari bisa meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan emosional seseorang.