5 Manfaat Bermain Trampolin Bagi Kesehatan

Bucek . 23-06-2021, 09:15
Trampolin - (foto by instagram/@h.o.m.e_l.o.v.e)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Meningkatnya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia dalam beberapa hari terakhir, membuat kita harus lebih disiplin menjaga kesehatan. Selain mematuhi protokol kesehatan, kita juga dituntut untuk menjaga pola makan dan rutin berolahraga.

Setiap orang punya pilihan olahraga yang berbeda. Namun siapa sangka bermain trampolin dapat menjadi salah satu pilihan olahraga yang menyenangkan bagi anak-anak maupun orang dewasa.

Sekilas dilihat trampolin menjadi ajang lompat-lompat di atas wadah elastis, tetapi sebenarnya mempunyai manfaat yang dapat menyehatkan tubuh.

Wahana trampolin bisa ditemukan warga di sejumlah tempat di kota Makassar, salah satunya di mal yang terletak di Jalan Metro Tanjung Bunga.

Berikut manfaat dari olahraga trampolin dilansir CELEBESMEDIA.ID dari hellosehat.com.

1. Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi Tubuh

Olahraga trampolin dapat memperbaiki keseimbangan dan koordinasi tubuh khususnya pada kaum lansia. Selain itu, menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Strength and Conditioning Research, berolahraga trampolin juga mampu meningkatkan keseimbangan tubuh para atlet pasca mengalami cedera pergelangan kaki dalam waktu enam minggu. 

2. Baik untuk Kesehatan Jantung 

Sama seperti olahraga aerobik, olahraga trampolin mampu meningkatkan serapan oksigen karena perubahan gravitasi yang terjadi pada saat tubuh memantul membuat lebih banyak oksigen yang bisa mencapai sel.

3. Mengontrol Gula Darah 

Bagi penderita diabetes, olahraga trampolin pun mampu menghasilkan perubahan positif pada kadar gula darah dan indeks massa tubuh, jika rutin melakukan trampolin tiga kali seminggu dalam kurun waktu 9 minggu, sebuah studi ini telah dipublikasikan dalam Australian Journal of Rural Health.

Bahkan penelitian yang dilakukan dan diterbitkan dalam The Journal of Sports Medicine and Physical Fitnes pada tahun 2016, olahraga trampolin juga berlaku bagi yang bukan penderita diabetes jika melakukannya dalam intensitas tinggi, maka kadar gula akan menurun selama dan sesudah olahraga.

4. Mampu Menghilangkan Stres

Di tengah pandemi seperti ini, berbagai ujian harus kita hadapi dengan kepala dingin agar imunitas tetap stabil. Sensasi melompat di atas trampolin menjadi hal yang menyenangkan, apalagi dilakukan di luar ruangan sambil menghirup udara segar yang membuat kita menjadi lebih rileks.

5. Lebih Sehat Dibanding Lari

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE) menunjukkan bahwa berlari memberikan beban yang lebih berat pada pergelangan kaki dan tungkai bawah. Sedangkan pada orang yang melompat, gaya pada trampolin akan disalurkan secara merata ke kaki, punggung, dan kepala si pelompat. Dengan begitu, lebih banyak otot tubuh yang bekerja dan dilatih saat olahraga trampolin.

Selain itu, seseorang yang melompat menghabiskan energi yang sama besar seperti orang yang berlari, namun dengan beban yang lebih ringan pada tubuh mereka.

Laporan Lutfiah (UINAM)

Tags : Trampolin olahraga

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment