Besok, Kapal Pesiar MS Maasdam Sandar di Makassar, Bawa Ribuan Turis

MS Maasdam / foto: int

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Makassar, Kota Anging Mamiri akan dikunjungi oleh kapal cruise MS Maasdam yang akan tambat di Pelabuhan Makassar besok, Sabtu (19/1/2019). Kapal pesiar ini dijadwalkan tiba pukul 08.00 wita dengan tujuan utama untuk berwisata.

Cruise berbendera Belanda ini berukuran panjang 220 M dan Tonase 55.575 GT diageni oleh PT Lestari Abadi Sakti, agen yang telah beberapa tahun terakhir ini aktif mengageni kapal cruise ke Pelabuhan Makassar.

Kapal wisata ini membawa 1.218 penumpang dan 570 orang awak. Para wisatawan mayoritas berasal dari Amerika Serikat, Kanada, Perancis dan Australia. Lainnya berasal dari Inggris, New Zealand, Belanda, Israel, Jerman, dan negara lainnya. Total kebangsaan penumpang yang ikut sebanyak 32 negara.

Dari total penumpang, hanya 303 orang yang akan mengikuti paket tur yang ditangani oleh Wira Tour, menggunakan 15 bus berkapasitas 29 seat dan tambahan beberapa mobil sejenis city car. Mereka akan menuju beberapa destinasi antara lain, Benteng Rotterdam, Pasar Terong, Somba Opu, dan Bantimurung.

Sedangkan penumpang lainnya ada yang tinggal di kapal, ada yang turun dan bersantai di terminal penumpang, dan ada juga yang memilih melakukan tur seputar kota tanpa travel, baik sendiri maupun berkelompok.

Kapal milik Karnaval Corpiration dan PLC tersebut, merupakan salah satu kapal berkelas “statendam”, yang dioperatori Holland America Line. 

Sebelum ke Makassar, ia telah mengunjungi Slawi Bay, Komodo. Dari Makassar, kapal pesiar ini selanjutnya akan menuju Pelabuhan Celukan Bawang, Bali. Menurut jadwal, tepat pukul 18.00 Wita, Sabtu (19/1/2019), MS Maasdam lepas tambat dari dermaga Pelabuhan Makassar dan menuju ke Celukan Bawang, Bali.

Maasdam memiliki dek pejalan kaki kayu jati, ruang makan dua tingkat, dan atrium dengan patung kaca. Kapal ini juga memiliki koleksi seni yang luas. Juga memiliki beberapa tempat makan baru, pusat seni kuliner, dan semua fasilitas kabin baru, termasuk televisi layar datar dan pemutar DVD.

Instansi terkait seperti PT Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar, Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Syahbandar Utama Pelabuhan Makassar, Kesehatan Pelabuhan, Karantina, Polres Pelabuhan Makassar, dan instansi terkait lainnya saling berkolaborasi melakukan penjagaan yang ketat berstandar Internasional (ISPS Code) dan nasional, demi memberikan rasa aman dan nyaman terhadap kru kapal dan para wisatawan selama  berada di Pelabuhan Makassar.

Sebagai salah satu upaya peningkatan pelayanan terhadap wisatawan asing di Pelabuhan Makassar, pihak PT Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar menyediakan Cruise Tourist Guidance to Makassar (Petunjuk Wisata di Kota Makassar dan sekitarnya).

Guide ini akan menginformasikan tentang profil pelabuhan, cagar budaya, layanan kepelabuhanan, destinasi wisata, event dan festival, atraksi wisata kota, makanan khas, lokasi wisata kuliner dan lokasi berbelanja terbaik.

Selain itu, Pihak PT Pelindo IV (Persero) Cabang Makassar juga menyiapkan acara penyambutan berupa tarian tradisional, band akustik, photo corner dengan konsep kampung, serta soft drink gratis.

“Terkait kunjungan cruise ini, sebagaimana kepada kapal-kapal lain yang sandar, kami memberikan pelayanan yang terbaik. Di samping itu untuk memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, pihak kami akan menampilkan penyambutan oleh Dara Daeng dan tarian tradisional seperti Gandrang Bulo, tarian 4 etnis, Pepe Pepe ri Makka, dan tarian Papua,” kata General Manager Pelabuhan Makassar, Aris Tunru.

Februari nanti akan ada lagi kapal cruise akan mengunjungi Makassar.