4 Cara Jaga Privasi Chat WhatsApp

Ilustrasi - (foto by freepik)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebagiab orang menggunakan aplikasi perpesanan untuk berbagi informasi pribadi sehingga privasi percakapan perlu dilindungi.

Bagi Anda penggunan WhatsApp, tidak perlu khawatir akan keamanan chat, karena aplikasi ini memiliki perlindungan bawaan dengan enkripsi ujung ke ujung, yang memastikan hanya pengirim dan penerima pesan yang bisa membacanya.

Tetapi tahukah Anda, selain enkripsi, ada 4 cara untuk menjaga privasi percakapan di WhatsApp mengutip Antara, Rabu (15/5).

1. Sandi dan Verifikasi 2 Langkah

Lindungi akun dengan kunci sandi dan verifikasi dua langkah. Setelah mendaftarkan nomor telepon ke WhatsApp, pengguna dapat memilih untuk mengatur kunci sandi untuk verifikasi berikutnya.

Pengguna dapat menggunakan Touch ID, Face ID, atau kode sandi perangkat untuk memverifikasi diri dengan kunci sandi.

Tambahkan lapisan keamanan ekstra dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. 

2. Privasi Data Pribadi

Privasi bukan hanya tentang mengamankan pesan, tapi juga tentang memiliki kontrol atas data pribadi.

WhatsApp menawarkan pengguna kemampuan untuk mengontrol siapa yang dapat melihat informasi profil mereka, pembaruan status, foto profil, terakhir dilihat, serta siapa yang dapat menambahkan ke grup.

Dengan membatasi informasi yang dibagikan, pengguna dapat membantu melindungi privasi dan mengurangi risiko penyalahgunaan data. 

3. Fitur Sekali Lihat

Gunakan fitur sekali lihat untuk meningkatkan privasi dalam pengalaman berkirim pesan. 

Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim foto, video, dan pesan suara yang akan hilang dari chat setelah penerima membukanya sekali.

4. Kunci Chat

Tambah lapisan keamanan dengan kunci chat. Pengguna dapat menyalakan fitur kunci chat untuk memberikan lapisan privasi tambahan ke chat tertentu. Untuk membaca atau mengirim pesan, pengguna harus membuka kunci chat menggunakan autentikasi perangkat, seperti kode sandi telepon, Face ID, sidik jari, atau kode rahasia yang dapat diatur.