Ternyata 4 Penyakit Ini Dapat Diketahui dari Bau Badan

Ilustrasi - foto by pexels

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ternyata bau badan bisa jadi tanda awal suatu penyakit. Penelitian menunjukkan penyakit tertentu memiliki jejak bau sendiri.

Sebenarnya ada penyebab bau badan diantaranya ketika bakteri bercampur dengan keringat, faktor hormon, pola makan, kelembapan, genetika, kelebihan berat badan, dan olahraga. 

Peneliti juga menemukan perubahan hormonal seperti menstruasi dan ovulasi dapat menyebabkan perubahan bau tubuh.

Lalu bagaimana penyakit mempengaruhi bau badan?

Melansir Medical Daily yang diberitakan Kantor Berita Nasional Antara, para ahli menemukan ketika seseorang terkena suatu penyakit, maka ini memengaruhi cara kerja tubuhnya.

Perubahan dalam proses biokimia yang berbeda dapat menyebabkan produksi molekul kecil yang mudah menguap di dalam tubuh, diangkut oleh darah ke seluruh tubuh. Tubuh kemudian melepaskannya melalui napas, urine, dan keringat.

"Menurut literatur ilmiah, ada bukti aroma tersebut mungkin mengandung penanda untuk kanker paru-paru, kanker payudara, diabetes, melanoma dan banyak lagi," kata peneliti biomedis di Ben-Gurion University's Kiryat Bergman Campus di Be'er-Sheva, Israel, Yehuda Zeiri kepada Reader's Digest.

Berikut lima penyakit yang bisa dideteksi melalui penciuman:

1. Gagal ginjal

Gagal ginjal adalah kondisi kesehatan serius yang terjadi ketika salah satu atau kedua ginjal berhenti berfungsi. Para peneliti telah menemukan bahwa amonia dalam napas mengindikasikan gagal ginjal.

Gagal ginjal bisa disebabkan oleh kondisi medis seperti diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi.

2. Kanker Paru

Kanker paru terjadi ketika sel-sel di paru-paru tumbuh secara tidak normal. Penelitian menunjukkan kanker paru dapat dideteksi pada tahap paling awal hanya dengan menggunakan tes napas sederhana yang disebut Na-Nose.

3. Diabetes

Penelitian memperlihatkan pasien diabetes memiliki bau buah.

Hal ini disebabkan ketoasidosis karena insulin yang tidak mencukupi atau tidak efisien dalam tubuh. Kondisi fatal tersebut menyebabkan tubuh membakar lemak untuk bahan bakar.

4. Gagal hati

Ketika hati pasien berhenti berfungsi atau melambat, beberapa racun dan kontaminan menumpuk di urine, keringat, dan napas. 

Beberapa peneliti menyebutkab bau tubuh penderita gagal hati seperti bau ikan mentah.