Perkuat Imun, Ini Daftar Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh

Ilustrasi macam-macam vitamin - (foto by:pexels)

CELEBESMESIA.ID, Makassar - Vitamin memiliki berbagai fungsi yang membantu mengatur metabolisme, mencegah penyakit kronis, memelihara nafsu makan, kesehatan mental dan kekebalan tubuh.

Sebagaimana dilansir Healthline, tinjauan pada 2002 menemukan kekurangan vitamin berhubungan dengan penyakit kronis.

Kekurangan vitamin bisa disebabkan makanan yang dikonsumsi kurang memenuhi kebutuhan vitamin sehingga perlu dipasok dengan suplemen multivitamin.

Kekurangan vitamin bisa disebabkan makanan yang dikonsumsi kurang memenuhi kebutuhan vitamin sehingga perlu dipasok dengan suplemen multivitamin.

Akan tetapi, jenis vitamin apa saja yang diperlukan tubuh? Berikut daftar vitamin yang diperlukan tubuh beserta fungsinya. Berikut daftar vitamin yang dibutuhkan tubuh dilansir dari CNN: 

1. Vitamin A (retinol)

Penting untuk mendukung pertumbuhan sel, fungsi imun, juga kesehatan mata. Menurut Harvard Health Publishing, vitamin A juga menjaga kulit tetap sehat, berperan dalam pertumbuhan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B terbagi jadi beberapa jenis yakni vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (pantothenic acid), B6 (pyridoxine), B7 (biotin), B9 (folic acid), dan B12 (cobalamin).

- Vitamin B1

Vitamin B1 atau thiamin diperlukan untuk mengubah asupan makanan jadi energi. Selain itu untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, otot, otak, dan saraf. 

- Vitamin B2

Seperti thiamin, riboflavin juga mengubah asupan makanan jadi energi. Vitamin ini juga diperlukan untuk kulit, rambut, otak dan darah yang sehat. 

- Vitamin B3

Selain mengubah asupan makanan jadi energi, vitamin B3 juga penting untuk kesehatan kulit, sel darah, otak, dan sistem saraf. 

- Vitamin B5

Vitamin ini membantu memproduksi lipid (lemak), neurotransmitter, hormon steroid dan hemoglobin. 

- Vitamin B6

Ini membantu mengubah triptofan menjadi niasin dan serotonin yang memainkan peran dalam tidur, nafsu makan dan mood. Vitamin B6 pula yang membantu memproduksi sel darah merah, mempengaruhi kemampuan kognitif dan fungsi imun.

- Vitamin B7

Kerap disebut biotin, vitamin ini mengubah makanan jadi energi dan sintesis glukosa. Biotin juga diperlukan untuk memecah asam lemak dan menjaga kesehatan tulang dan rambut. Baik perempuan maupun laki-laki perlu 30 mikrogram per hari.

- Vitamin B9

Konsumsi vitamin B9 atau asam folat di awal kehamilan akan mencegah bayi lahir dengan cacat otak. Namun sebelum kehamilan pun penting karena kadang perempuan belum sadar saat dirinya hamil di minggu-minggu awal. 

- Vitamin B12

Vitamin ini mendampingi pembentukan sel-sel baru dan memecah asam lemak serta asam amino. Vitamin B12 pula yang melindungi sel saraf, membentuk sel darah merah dan DNA. 

3. Vitamin C (ascorbic acid)

Vitamin yang juga disebut asam askorbat ini jadi vitamin yang selalu diandalkan untuk menjaga sistem imun. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, penyembuhan luka dan kesehatan tulang dan gigi. 

4. Vitamin D (calciferol)

Vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium yang penting untuk kesehatan tulang. Selain itu vitamin D juga menjaga kadar kalsium dan fosfor dalam darah, juga mencegah pengeroposan tulang.