6 Tips Liburan Hemat, Tidak Buat Kantong Jebol

Ilustrasi - (foto by freepik)


CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bagi Anda yang berencana untuk liburan saat akhir tahun nanti, tidak ada salahnya jika mempersiapkannya lebih awal. Sebab liburan membutuhkan waktu biaya yang besar sehingga sebaiknya mempersiapkan jauh hari sebelumnya. 

Umumnya orang merasa bahwa mereka harus menghabiskan uang yang banyak untuk mendapatkan liburan yang nyaman. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menikmati liburan yang nyaman tanpa merobek kantong. Berikut ini 6 tips liburan seru tanpa buat kantong jebol mengutip laman resmi Otoritas Jasa Keuangan

1. Rencanakan Liburan dari Jauh-Jauh Hari

Jika mau liburan tapi tidak mau cepet kehabisan uang, mulailah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari. Dengan rencana yang matang, Anda bisa lebih efisien dalam mengatur budget dan mencari promo-promo menarik.

2. Buat Target Tabungan

Bikin target tabungan buat liburan, misalnya berapa uang yang ingin Anda kumpulkan dalam satu bulan atau satu tahun. Dengan punya target, bakal lebih termotivasi buat nabung secara konsisten.

3. Pisahkan Uang Liburan dari Pengeluaran Harian

Jangan dicampuradukkan antara dana liburan dan pengeluaran harian. Anda bisa gunakan metode seperti membuka tabungan khusus atau gunakan aplikasi keuangan yang bisa bantu Sobat memantau tabungan. Biasakan untuk menyisihkan uang untuk tabungan liburan, bukan sisakan.

4. Berhemat di Kehidupan Sehari-Hari

Jika ingin menikmati liburan tanpa batas mulailah untuk hemat di kehidupan sehari-hari. Misalnya, bawa bekal dari rumah daripada beli makan siang di luar, atau mengurangi budget minum kopi di kafe. Dengan hemat, uang yang bisa Anda tabung bakal semakin banyak.

5. Manfaatkan Promo dan Diskon

Jangan ragu buat manfaatkan promo dan diskon yang ada. Mulai dari promo tiket pesawat, hotel, sampai dengan promo belanja barang-barang kebutuhan liburanmu. Dengan belanja pintar, uang Sobat bisa lebih dihemat dan dialokasikan untuk tabungan liburan.

6. Ajak Teman atau Keluarga

Agar lebih murah ajak teman atau keluarga buat liburan bersama. Selain bisa seru-seruan liburang bareng, kalian juga bisa berbagi biaya untuk transportasi, akomodasi, dan lain-lain