Harga Ikan di Makassar Naik Drastis, Ini Penyebabnya

Penjual ikan di Pasar Pabaeng-baeng Makassar, Sabtu (15/6/2019) - (foto by Teti)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Cuaca buruk yang terjadi di kota Makassar beberapa hari terakhir, sangat berdampak. Tidak hanya pada aktivitas kelautan yang terganggu, suplai ikan di pasar-pasar juga mulai berkurang.

Seperti dari pantauan CELEBESMEDIA.ID di pasar tradisional Pabaeng-baeng Makassar, kurangnya suplai ikan membuat harga ikan dan hasil laut lainnya mengalami kenaikan.

Salah seorang pedagang, Ismail mengakui kenaikan harga seluruh jenis ikan ini sudah terjadi beberapa hari pasca Idul Fitri. Kenaikannya pun rata rata mencapai Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per basket.

“Ikan katombo sebelumnya dijual seharga 400 ribu perbasket, kini naik menjadi 550 ribu rupiah per basket, ikan layang dari harga 300 ribu naik menjadi 500 ribu perbasket, ikan cakalang dari harga 200 ribu naik menjadi 350 ribu perbasket,” ujarnya saat ditemui, Sabtu (15/6/2019).

Ismail mengakui, kenaikan harga ikan yang cukup signifikan ini dikarenakan terang bulan dan cuaca buruk, sehingga membuat nelayan urung melaut. Tak hanya itu, kenaikan harga pun membuat penjualan berkurang.