IHSG Menguat Tipis, Saham Perbankan Cuan Besar

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tertekan sepanjang perdagangan. Namun IHSG mampu membalikkan posisi di saat-saat terakhir dan ditutup di zona hijau, Jumat (17/1/2020)..

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG berakhir  di level 6.291,66 menguat meskipun hanya 0,09 persen atau 5,61 poin pada perdagangan hari ini.

Branch Manager MNC Sekuritas, Adrian, mengatakan sepanjang pekan ini, saham sektor perbankan masih memimpin.

“Dalam pekan ini masih dipimpin sektor perbankan, diantaranya BRI, Mandiri, BCA dan BNI. Namun ada satu saham telekomunikasi yang ikut cuan yakni PT Telekomunikasi,” katanya ditemui CELEBESMEDIA.ID.

Berdasarkan data PT Bursa Efek Indonesia, mencatat saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk mencatatkan lonjakan harga terbesar pada perdagangan hari ini.

Badan usaha (emiten) berkode saham BBRI tersebut memimpin penguatan saham (top gainers) setelah ditutup melonjak 1,31 persen atau 60 poin ke level Rp4.630.

Sementara itu, tiga saham perbankan lainnya yang meroket adalah PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang berada di posisi kedua dengan naik 2,32 persen. Selanjutnya, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) di posisi keempat, naik 0,36 persen.

Kemudian PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) di posisi kelima dengan 0,97 persen dan PT Telekomunikasi di posisi ketiga dengan 1,04 persen.