Proyek Masela, Jokowi: Ini Investasi Terbesar Sejak Indonesia Merdeka!

Presiden Jokowi - (foto by Alinea.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Indonesia akhirnya mendapatkan investasi besar di sektor minyak dan gas (migas), yaitu lewat proyek Lapangan Abadi di Blok Masela. Setelah bertahun-tahun molor, akhirnya proyek ratusan triliun rupiah ini disepakati untuk mulai dikerjakan.

Adalah Inpex Corporation, kontraktor migas asal Jepang yang menjadi operator megaproyek migas di Indonesia Timur ini. Nilai investasi proyek ini diperkirakan mencapai Rp 288 triliun atau US$ 22 miliar sampai 2027.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bangga akhirnya ada kesepakatan di Masela. Menurutnya ini investasi terbesar di Indonesia setelah merdeka. "Ini adalah sebuah investasi yang sejak kita merdeka, ini investasi yang paling besar dan dari sisi dampak nantinya itu bisa ratusan ribu yang bekerja di sana apabila dikembangkan ke derivatif di bawahnya, petrochemical-petrochemical, ini yang saya sampaikan terus akan kita kawal," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (19/7/2019) seperti dirilis CELEBESMEDIA.ID dari CNBCIndonesia

Jokowi berharap proyek ini bisa dimulai sesuai jadwal, dan di 2027 sudah mulai beroperasi. Lewat proyek ini, Jokowi mengatakan, akan ada modal asing yang masuk dan bisa membantu pertumbuhan ekonomi.

Untuk proyek ini, Jokowi mengatakan kepada Inpex, agar menggunakan tenaga kerja dalam negeri sebanyak-banyaknya. "Saya minta local content setinggi-tingginya, penggunaan tenaga kerja karyawan dari daerah lokal dan indonesia juga sebanyak-banyaknya," paparnya.