Ekonom Unibos: Ekonomi Makassar Masuk Fase Pemulihan

Lukman Setiawan - (Dok CELEBESMEDIA.ID)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pemerintah Kota Makassar memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 hingga 20 September 2021. Meski demikian, pertumbuhan ekonomi saat ini dinilai sudah masuk fase pemulihan.

Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat ekonomi dari Universitas Bosowa (Unibos) Lukman Setiawan saat menjadi narasumber dalam Dialog Legislasi Celebes TV, Rabu (8/9/2021), bersama anggota DPRD Makassar, Abdul Wahab Tahir, dan Ketua Apindo Makassar, Muammar Muhayang.

Menurut Lukman, meskipun masih berada di zona kuning, namun perbaikan ekonomi mulai terlihat di sektor perdagangan dan transportasi. Hal itu dipengaruhi oleh aturan PPKM Level 4 di Makassar yang dilonggarkan, dimana sebelumnya diterapkan sangat ketat sehingga tidak ada kebebasan bagi masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli.

"Hal yang terpenting sekarang adalah harus menyelesaikan permasalahan ekonomi terutama pelaku-pelaku usaha kecil yang terdampak Covid-19," jelas Lukman.

Lukman berharap, pemerintah kota memaksimalkan vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, serta regulasi yang diperkuat khususnya pada perkembangan usaha. Selain itu, pemerintah sebaiknya lebih kreatif dalam mengeluarkan kebijakan, sehingga ekonomi tetap berjalan.

Laporan: Mukhlas Nur AdiPutra (UINAM)