Pertashop Bisnis Menjanjikan di Masa Pandemi, Ini Kriteria untuk Jadi Mitra

Sales Area Manager Retail Sulseltra Pertamina Regional Sulawesi, Probo Prasiddhahayu dalam CVBW Senin (26/7/2021)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Meskipun di tengah pandemi Covid-19 Pertamina Regional Sulawesi  masih terus beroperasi secara full dalam menyalurkan SPBU ke seluruh wilayah di Indonesia juga Pertashop ke desa-desa pelosok.

Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina skala kecil yang disiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG non subsidi, dan produk Pertamina ritel lainnya yang tidak atau belum terlayani oleh lembaga penyalur pertamina lainnya.

Sales Area Manager Retail Sulseltra Pertamina Regional Sulawesi, Probo Prasiddhahayu menyebutkan bahwa Pertashop adalah salah satu model pelayanan baru BBM.

Pertashop adalah suatu bentuk bisnis dalam skala kecil, istilah sederhananya pertashop ini adalah SPBU kecil. Kami mencoba membangun satu model pelayanan baru BBM, kami memberikan kemudahan simplifikasi untuk pengusahanya,” sebut Probo saat menjadi narasumber di Celebes Virtual Business Week, di Function Room Menara Bosowa Senin Sore (26/7/2021) .

Dalam Celebes Virtual Business Week bertemakan “Kolaborasi Lokal Energi Untuk Negeri” Senin (26/7/2021) l, Probo menjelaskan bahwa sasaran utama Pertamina ialah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sesuai arahan dari Kementerian Dalam Negeri.

“Kami bersinergi dengan Kementerian Dalam Negeri, salah satunya mereka yang membina aparatur desa, BUMDes itu yang awal kita sasar untuk dapat membuka usaha, jadi banyak mitra-mitra BUMDes ini akhirnya dapat berbisnis Pertashop tapi tidak terbatas di BUMDes, semua khalayak jika memungkinkan dapat diangkat menjadi mitra Pertashop, pengusaha, pensiunan bisa, orang mau nambah usaha juga bisa,” tambah Probo.

Modal yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah pertashop berkisar Rp300 juta. Terdapat kriteria untuk mendirikan Pertashop yaitu Pertashop tipe gold dengan luas tanki 3000 liter omzet 300-400 liter perhari serta berjarak 10 km dari SPBU terdekat. Menurutnya, Pertashop merupakan bisnis di bidang energi yang menjanjikan.

“Semua masyakarat yang masih belajar mencoba bisnis energi dengan membuka SPBU,  ini adalah salah satu titik awal kita belajar sambil dapat duit, jadi sangat menjanjikanlah,” jelasnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftar sebagai mitra Pertashop Pertamina, berikut ini kriterianya: 

  • Memiliki legalitas usaha berbentuk Badan Usaha dan atau Badan Hukum (CV , Koperasi , PT).
  • Memiliki kelengkapan dokumen legalitas berupa KTP , NPWP , Akta Perusahaan.
  • Memiliki atau menguasai lahan untuk pengoperasian Pertashop.
  • Mendapatkan rekomendasi dari Kepala Desa