Transformasi Telkomsel jadi Digital Company Hadirkan 3 Pilar

Manager Digital Lifestyle dan Direct Sales Operation Telkomsel Region Sulawesi, Magdalena Irawati Ovi dalam Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2021, Selasa (27/7/2021)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Memasuki era digitalisasi mengharuskan perusahaan untuk melakukan inovasi. Termasuk perusahaan yang bergerak di industri telekomunikasi. Manager Digital Lifestyle dan Direct Sales Operation Telkomsel Region Sulawesi, Magdalena Irawati Ovi dalam Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2021 hari kedua di Function Room, Menara Bosowa, Selasa (27/7/2021) menjelaskan bentuk transformasi perusahaaan Telkomsel yang sekarang beralih menjadi digital company.

“Sekarang telkomsel sudah bertransformasi menjadi digital company diberikan simbol dengan logo kami yang baru berbentuk portal bermakna sebagai pintu gerbang bahwa Telkomsel disini menjadi wadah dari sekian banyak perusahaan-perusahaan kecil digital, yang diharapkan Telkomsel bisa membawa lebih banyak kebermanfaatan sekaligus juga kami bertransformasi mengikuti perkembangan zaman.” jelas  Magdalena Irawati Ovi.

Magdalena yang hadir dalam virtual talk bertema “Bersaing di Industri Global Anak Muda Harus Punya Digital Skill” menjelaskan Ada tiga hal yang dibuat oleh Telkomsel selama beralih menjadi digital company, yaitu NextDev, Telkomsel Innovation Center (TINC) dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

“Kami juga merangkul banyak start up jadi kita punya 3 pilar yaitu NextDev, kedua itu TINC,TMI. Kalau NextDev itu kita merangkul start up-start up yang masih baru banget, sampai sekarang sudah ada 5000 ide yang masuk ke web kami untuk NextDev dan ada 100-an yang sudah dibilang mereka star up, kalau TINC itu akselerasi, jadi mereka yang sudah mau jadi start up ini dipercepat untuk bisa lebih cepat go to market,” jelas wanita yang akrab disapa Ovi tersebut.

Sedangkan untuk TMI, Telkomsel sedang membicarakan proses investasi, upaya agar  lebih bisa diterima di masyarakat, dan kolaborasi dengan perusahaan-perusahaan  start up yang sudah jadi agar dapat berkolaborasi bersama Telkomsel.

Adapun produk dari Telkomsel pun ikut beralih dari yang sebelumnya bersegmentasi pada umur dan karakter menjadi habit dan ketertarikan pelanggan.

“Berubahnya itu tidak langsung drastis tapi kita ikuti juga karena pelanggan eksis kita kan banyak jadi kita mengedukasinya perlahan-lahan. Dulu segmennya usia, kemudian karakter tapi belum sampai detail banget. Sekarang kita sudah hypersegment, sudah sangat microsegmented banget,Telkomsel  memberikan layanan sesuai dengan habit dan interest pelanggannya masing-masing,” tutupnya.

Sementara itu Celebes Virtual Business Week 2021 ini berlangsung selama 3 hari sejak Senin (26/7/2021) hingga Rabu (27/7/2021). Setiap talkshow  juga disiarkan secara langsung melalui akun instagram Celebes Tv, Celebesmedia.id, Celebes Radio juga channel Youtube Celebes TV dan Celebesmedia.id.

Laporan: Lutfiah (UINAM)