Harga Cabai Makin Pedas, Pedagang Kelabakan

Cabai dan Tomat - (foto by Ftri Khaerunnisa)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Harga cabai melonjak sejak satu bulan terakhir. Salah satunya terjadi di Pasar Terong, Makassar.

Berdasarkan pantauan CELEBESMEDIA.ID di lokasi pada Jumat siang (17/6/2022), harga cabai rawit yang normalnya dijual dengan harga Rp25 ribu per kilogram, kini dijual dengan harga Rp65 ribu/kg.

Kenaikan harga tersebut diduga akibat kurangnya pasokan sehingga membuat harga melonjak sangat tajam.

Selain cabai rawit, kenaikan harga juga terjadi pada cabai keriting dan cabai besar, yang kini dijual dengan harga masing-masing Rp38 ribu/kg dan Rp35 ribu/kg dari harga normal Rp18 ribu/kg dan Rp15 ribu/kg atau naik lebih dari 100 persen.

"Kayaknya mungkin gara-gara pengiriman, dia kirim semua ke Jakarta dan daerah lain, itu yang bikin naik. Karena kita pedagang, ikuti harga pengiriman. Kalau pengirim kasih mahal, kita juga beli (dan jual dengan harga) mahal," kata Ika, salah satu penjual cabai di Pasar Terong.

Akibat kenaikan harga tersebut, Ika mengaku hasil penjualannya sangat menurun dan merasa iba dengan para ibu-ibu yang datang, karena harga komoditas pangan yang sebagian besar mengalami kenaikan harga.

"Sangat mempengaruhi (penjualan). Kasihan juga sama ibu-ibu yang kaget kenapa harganya mahal sekali," tambah Ika.

Sementara itu, harga tomat juga naik dari yang biasanya dijual dengan harga Rp6 ribu/kg, kini naik menjadi Rp15 ribu/kg.

Ika berharap harga komoditas pangan dapat berangsur menurun agar penjualannya kembali normal.

Laporan: Fitri Khaerunnisa