Ketahui Keuntungan Investasi Sukuk Ritel SR017

Nana Riana, Deputi Direktur Pembiayaan Syariah Kementerian Keuangan RI (kemeja putih) bersama Wijono Santosa, Assistant Vice President Wealth Management Bank BCA dalam Blak-blakan Seru Celebes Radio -

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Kementerian keuangan kembali memberikan peluang bagi investor yang ingin berinvestasi sekaligus membantu Negara menyediakan modal pembangunan. Pemerintah merilis Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) ritel seri SR017 dengan masa penawaran yang berlangsung dari tanggal 19 Agustus sampai 14 September 2022.

Sebelumnya pementah telah menerbitkan sukuk ritelSR016 dan mendapatkan sambutan yang sangat antusias dari masyarakat Indonesia di awal tahun 2022 lalu.

Nana Riana selaku Deputi Direktur Pembiayaan Syariah Kementerian Keuangan RI menjelaskan meski secara umum SR017 hampir sama dengan SR016, namun tetap ada perbedaan dari keduanya.

"Imbal SR017 lebih tinggk yakni 5,9 persen sedangkan SR016 itu hanya 4.95 pwrsen. Perbedaan lainnya pembelian pada sukuk ritel SR017 ini maksimub pembelian Rp5 miliar atau 5.000 unit sedangkan dulu hajya Rp2 miliar. Perbedaan lainnya jumlah mitra distribusi yang dulunya 30, sekarang bertambah 1 menjadi 31 mitra distribusi," jelasnya kepada CELEBESMEDIA.ID sesaat sebekum mengisi talkshow Blak-blakab Seru di Celebes Radio, Kamis (25/8/2022). 

Keuntungan yang diperoleh dengan berinvestasi di sukuk ritel ini, kata Nana Riana, selain aman juga memungkinkan investor untuk turut andil dalam membangun negara. 

"Keuntungannya itu disingkat menjadi AM3S2 yaitu Aman, Mudah, Menguntungkan, Membangun bangsa, Sesuai syariah dan Sesuai kebutuhan," lanjutnya. 

"Disebut mudah karena investor dapat mendaftar secara online. Menguntungkan karena imbalnya ini tinggi 5,9 lebih tinggi dari suiu bujga deposito bank BUMN dan.mungkin juga bank swasta. Membangun bangsa karena dengan membeli SR017, investor sudah membantu membangun bangsa karena masuk dalam mekanisme bangsa. Sedangkan sesuai syariah maksudnya mulai dari akad dan lainnya itu sesuai syariah jadi investor tidak dirugikan. Dan yang terakhir sesuai kebutuhan itu karena investor sapat memilih berapa yang dibutuhkan untuk berinvestasi mulai dari Rp1 juta hingga maksimal Rp5 miliar tiap investor," jelasnya. 

Sementara itu Wijono Santosa, Assistant Vice President Wealth Management Bank BCA sebagai salah satu mitra distribusi membenarkan jika imbal dari SR017 ini benar sangat menguntungkan.

"Secara rata- bunga deposito 2- 3 persen, dengan imbal hasil 5,9 persen sangat menarik. Tiap simpanan di bank itu dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yabg jelas suju bunganya tidak melebihi suku bungan Bank Sentral yang menjadi cuan. Dan saat ini suku bungan Bank Sentral sebesar 3,7 persen. Ini masih di bawah dari imbal 5,9 persen ya," ucapnya. 

Untuk membeli SR017 ini juga sangat mudah karena segala informasi terkait sukuk ritel SR017 dapat diakses di website www.kemenkue.go.id/sukukretail. Pada website ini juga dapat diakses 31 mitra distribusi sukuk ritel SR017. 

Pendaftaran pembelian SR017 ini juga dapat melalui internet banking atau mobile banking 31 mitra bisnis yang telah bekerjsama dengan Kemenkeu RI.