Harga Telur di Makassar Terus Naik, Tertinggi Rp62.000 per Rak

Telur ayam ras - (foto by Fitri Khaerunnisa)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Harga telur ayam ras terus naik sejak beberapa bulan terakhir salah satunya di Pasar Terong Kota Makassar.

Berdasarkan pantauan CELEBESMEDIA.ID di lokasi pada Jumat (26/8/2022), harga telur ayam ras dijual dengan harga terendah sebesar Rp53.000/rak hingga termahal sebesar Rp62.000/rak tergantung kualitas dan ukuran telur.

Kenaikan harga telur tersebut terjadi sejak satu bulan terakhir dengan harga normalnya yakni sekitar Rp48.000/rak.

Rasna, salah satu pedagang telur di Pasar Terong menduga kenaikan harga telur terjadi  disebabkan adanya bantuan sosial, sehingga mengakibatkan harga sembako di pasaran alami kenaikan tajam.

"Sekarang ada yang namanya bansos atau bantuan sosial, itumi yang bikin kenaikan (harga)," kata Rasna kepada CELEBESMEDIA.ID.

Akibat kenaikan harga tersebut, Rasna mengaku penjualan telurnya mengalami penurunan yang signifikan. Ia tidak bisa memprediksi kapan harga telur yang dipasok dari Sidrap kembali normal. Justru menurut Rasnah, beberapa pekan kedepan harga telur akan terus naik.

Rasna berharap pemerintah dapat turun tangan membantu agar harga telur ayam dapat segera kembali normal sehingga hadil penjualan telur dapat kembali meningkat.

"Semoga pemerintah juga bisa peka terhadap pasokan telur atau penjualan telur sekarang. Mudah-mudahan (harga telur) akan segera turun atau normal seperti semula," harap Rasna.

Laporan: Fitri Khaerunnisa