Rupiah Kembali Melemah, Rp16.300 per Dollar AS di Makassar

Suasana penukaran uang La Tunrung Jalan Pelita Raya Makassar, Selasa (4/6) - (foto by Riski)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Nilai tukar rupiah kembali melemah terhadap mata uang dolar Amerika Serikat (AS). Pada Selasa (04/06) Siang, nilai tukar rupiah masih konsisten di atas angka Rp16.000 per dolar AS. 

Berdasarkan data Kurs Dollar AS yang diperoleh dari Money Changer Haji La Tunrung Makassar, bahkan nilai tukar Dollar AS terhadap rupiah sekarang berada di angka Rp16.368. 

"Kalau hari ini, Kurs dollar AS ke rupiah itu Rp16.368 di kita, dan ini sudah mau 2 bulan kurs nya belum turun turun ke Rp15 ribu," jelas salah satu pegawai Money changer Haji La Tunrung, Jalan Pelita Raya, Makassar. 

Nilai Rupiah sempat menguat pada (09/05) lalu. saat itu kurs Dollar AS merosot ke angka Rp15.900, namun tak berselang lama. Dollar AS kembali perkasa di angka Rp16 ribu, dan terus konsisten hingga hari ini. 

Kuatnya nilai tukar Dollar AS terhadap Rupiah sudah terjaid 2 bukan terakhir. Satu pengamat ekonomi di Kota Makassar, Firman Menne menilai tak ada solusi yang dapat dilakukan saat ini kecuali memanfaatkan segala sumber daya yang ada di Indonesia untuk meminimalisir ketergantungan terhadap produk asing (impor). 

"Untuk mengembalikan kekuatan rupiah tentunya kita harus meminimalisir ketergantungan kita terhadap barang-barang impor, karena itu yang membuat kita harus terus menerus terkontaminasi dengan penggunaan mata uang dollar, caranya yah kita pake dan maksimalkan sumber daya kita," tutur Firman Menne. 

Laporan : Riski