Gratis! Yuk Intip Biaya Transaksi di ATM BNI

Bank BNI - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Mau transaksi cek saldo dan tarik tunai berbiaya hemat namun tetap dapat memanfaatkan canggihnya channel elektronik milik bank - bank BUMN? Bisa banget.

Caranya dengan memanfaatkan jaringan mesin ATM dari bank penerbit kartu debit atau kartu ATM - nya. Cek saldo atau tarik tunai yang menggunakan kartu debit dari bank yang sama dengan mesin ATM - nya akan tetap bebas biaya, alias gratis.     

Sebagai gambaran, untuk kartu ATM BNI yang akan digunakan untuk cek saldo atau tarik tunai di sesin ATM BNI, maka biayanya akan tetap Rp 0. Namun, jika Kartu ATM BNI yang akan digunakan untuk cek saldo atau tarik tunai di mesin ATM bank HIMBARA yang lain, maka akan dikenakan biaya yang baru.

Demikian disampaikan oleh Corporate Secretary BNI Mucharom di Jakarta, Senin (24 Mei 2021) saat menjelaskan penerapan tarif baru untuk cek saldo dan Tarik tunai di jaringan ATM Link. Dimana, menurutnya, tarif baru tersebut hanya berlaku untuk cek saldo dan Tarik tunai di mesin ATM yang berbeda dengan bank tempat penerbitan kartu debitnya.

Adapun penetapan biaya untuk cek saldo dan tarik tunai pada jaringan ATM Link, kata Mucharom, merupakan upaya yang perlu dilakukan untuk memastikan agar kenyamanan nasabah dalam bertransaksi di ATM Himbara dapat dinikmati secara terus menerus, dan tetap lebih hemat dibandingkan dengan jaringan ATM sejenis di industri perbankan Indonesia.

"Selain membentuk healthy business yang berkelanjutan, penyesuaian tarif pada ATM Himbara ini juga merupakan komitmen untuk meningkatkan fitur layanan yang menarik, jaringan ATM yang lebih banyak, kecepatan transaksi, dan keamanan," jelas Mucharom.

Pada awalnya, Jaringan ATM Link yang digunakan oleh bank – bank Himbara ini dikembangkan melalui jaringan ATM Merah Putih pada Desember 2015. Saat ini jaringan ATM Link diseluruh Indonesia tercatat lebih dari 45.000 unit

Pada jaringan ATM Link ini, tarif yang diberlakukan untuk Cek Saldo ditetapkan Rp 2.500 dan tarik tunai menjadi Rp 5.000. Kebijakan tersebut berlaku terhitung mulai 1 Juni 2021 sampai dengan adanya penyesuaian di kemudian hari. Sedangkan transaksi *transfer antar bank Himbara*  tidak berubah, tetap Rp 4.000.

Nasabah bank anggota Himbara juga tetap dapat bertransaksi di ATM Bank Himbara (ATM LINK) tersebut dengan biaya yang lebih hemat jika dibandingkan dengan biaya transaksi diluar ATM Link. Dimana biaya transaksi diluar ATM Link tersebut sebesar Rp 4.000 (Cek Saldo), Rp 7.500 (Tarik Tunai), dan Rp 6.500 (Transfer).

Selain itu, untuk transaksi yang lebih praktis, mudah dan juga lebih murah, Himbara
mengajak nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai
macam transaksi perbankan secara digital, seperti menggunakan Internet Banking
maupun Mobile Banking dari masing-masing bank Himbara.

Untuk nasabah BNI juga tetap dapat memanfaatkan layanan E-Channel BNI seperti BNI Mobile Banking, BNI Internet Banking, BNI SMS Banking, dan ATM BNI. Tidak ada perubahan biaya untuk E-Channel BNI. Apabila mengalami kendala, silakan hubungi 1500046.

BNI juga terus melakukan inovasi layanan digital bagi nasabah, salah satunya untuk penarikan tunai tanpa kartu di ATM menggunakan fitur Mobile Tunai yang tersedia di BNI Mobile Banking. Sehingga untuk penarikan dana tunai bagi diri sendiri maupun orang lain lebih mudah tanpa perlu membawa kartu debit.

Tags :