200 Rumah di Makassar akan Mendapatkan Listrik Gratis dari PLN

200 Rumah di Makassar akan Mendapatkan Listrik Gratis dari PLN - (handover)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Sebanyak 200 Rumah di Kota Makassar akan mendapat sambungan listrik gratis dari PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulselrabar.

Penyambungan dilaksanakan secara simbolis oleh General Manager Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Sulawesi Suroso Iskandar di Taman Pakui Sayang Makassar, Minggu (24/3/2019), dengan daya 450 VA melalui program CSR PLN Unit Induk Wilayah Sulselrabar.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulselrabar, Bambang Yusuf mengatakan, PLN UIW Sulselrabar menjadi pionir yang menginisiasi dan memberikan bantuan penyambungan listrik gratis pertama di Sulawesi.

"Sasaran program ini adalah masyarakat tidak mampu dan yang menyambung listrik langsung dari jaringan PLN di Kota Makassar dan Kabupaten sekitarnya," kata Bambang.

"Hingga saat ini telah tersambung 4 rumah tangga miskin di Kota Makassar dan Kabupaten sekitarnya," tutur Bambang, Sabtu (24/3/2019).


Dalam rilis yang diterima CELEBESMEDIA.ID, salah satu pelanggan yang disambung listriknya secara gratis, Siti Maemunah (warga Jl. Nusantara Baru) menyampaikan rasa syukur dan terimakasihnya kepada PLN karena program tersebut.

Keluarga yang menyambung dengan levering (sambung langsung) membayar lebih mahal dibandingkan keluarga yang tersambung listriknya langsung ke PLN. Sebagai contoh, keluarga yang menyambung listrik secara langsung menghabiskan biaya kurang lebih Rp. 40.000,- per bulannya, sedangkan apabila menggunakan listrik PLN dengan daya 450 VA pelanggan hanya membayar kurang lebih Rp. 30.000,-.

Selain menghemat Rp. 10.000,-, pelanggan juga dapat lebih banyak menggunakan peralatan listrik seperti lampu, pemasak nasi, televisi, dan setrika.