Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Cabai di Makassar Stabil

Cabai - (foto by Ariani)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Jelang Natal dan Tahun Baru, kebutuhan bahan pokok di sejumlah pasar tradisional di kota Makassar belum ada yang mengalami kenaikan signifikan, kecuali daging ayam dan telur ayam.

Berdasarkan hasil pantauan CELEBESMEDIA.ID, Sabtu (23/11/2019), harga cabai, bawang merah dan bawang putih serta sayuran di pasar Terong dan Pasar Pa’baeng-baeng Makassar masih terpantau stabil.

Di Pasar Terong, harga cabai merah besar terpantau sama dengan pekan kedua Novomber yakni Rp 28 ribu per kilogram. Sedangkan harga cabai keriting dan cabai rawit turun Rp 5 ribu dari harga Rp 25 ribu menjadi Rp 20 ribu.

Menurut Hera, salah seorang pedagang di Pasar Terong, hal ini dipicu karena masih adanya persediaan stok yang diantisipasi jelang Natal dan Tahun Baru.

"Harga cabai dipengaruhi pasokan yang kembali meningkat karena panen dan jika banyak stok barang biasanya harga mulai diturunkan,” katanya kepada CELEBESMEDIA.ID.

Hera menambahkan jika harga komoditas bawang pun ikut turun, seperti bawang merah yang sebelumnya seharga Rp 28 ribu per kg saat ini turun menjadi Rp 25 ribu, sedangkan bawang putih harganya masih sama seperti pekan lalu yakni Rp 30 ribu per kg.

"Kemungkinan harga komoditi ini akan bertahan hingga akhir November. Awal Desember yang akan naik karena biasanya kebutuhan sudah banyak tapi stok mulai menipis," tutup Hera.