Talkshow PESyar Makassar 2020: Bahas Penerapan Industri Halal 4.0

Talkshow virtual PESyar Makassar 2020 - (screenshot)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pada hari kedua Pekan Ekonomi Syariah (PESyar) Makassar 2020, talkshow industri halal 4.0 dihadirkan untuk memberikan edukasi serta pemahaman kepada masyarakat terkait peluang dan penerapan industri halal di era 4.0.

Talkshow ini dipandu oleh Zee Zee Shahab dan menghadirkan narasumber yakni kepala OJK Sulampua Mohammad Nurdin Subandi, Konsul Industri Kuliner Halal dan Ketua Chef Halal Indonesia, Muhammad Suherman, serta Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) Ahmad S Ilham.

Dalam talkshow bertajuk “Industri Halal 4.0” ini, Ketua Umum Asbisindo, Ahmad S Ilham mengatakan, saat ini mestinya perbankan baik konvensional maupun syariah sudah wajib untuk berada ditatanan industri 4.0.

“Kendala utama syariah kita berada di titik 5 sampai 6 persen, pertumbuhan bisnis halal cukup menarik bagi pelaku ekonomi syariah, namun pada kenyataannya praktik industri syariah yang ada justru masih mengandalkan industri keuangan konvensional, sehingga menyebabkan progres pertumbuhan syariah lebih lambat di sektor perbankan dengan sistem keuangan syariah,” papar Ahmad.

Sementara itu, pelaku jasa keuangan syariah menyebut revolusi industri 4.0 menghadirkan tantangan dan peluang besar bagi kemajuan industri halal di Indonesia maupun dunia. Sehingga, dibutuhkan kesiapan stakeholder ekonomi syariah dalam menyelesaikan problema kompleks dari digitalisasi ini.

Pelaku ekonomi syariah dituntut untuk terus berinovasi dalam riset produk dan pasar, serta merupakan amanah guna memajukan industri halal sebagai produk unggulan dalam mendongkrak popularitas ekonomi syariah.