MUI Sulsel Buka Ruang Bagi UMKM Terbitkan Sertifikasi Halal

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kegiatan Pekan Ekonomi Syariah (PESyar) Makassar 2020 di hari pertama, Kamis (13/8/2020), menghadirkan talkshow virtual yang membahas seputar produk halal, dengan melibatkan Satgas Halal bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan.

MUI Sulsel membuka ruang bagi sektor UMKM yang ada di Sulsel untuk mendaftarkan produk makanan, minuman maupun kosmetik ke MUI, agar memperoleh jaminan sertifikasi halal.

Hal tersebut disampaikan dalam kegiatan talkshow yang bertema “Produk Halal Siapa Takut” yang dipandu oleh Venita Arie, dalam rangkaian kegiatan PESyar Makassar 2020 secara virtual.

Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Sulsel, Tajuddin Abdullah mengatakan jaminan produk halal menjadi hal yang sangat penting untuk produk UMKM. Pasalnya, produk yang telah bersertifikasi halal sudah dipastikan aman untuk dikonsumsi.

“Pengecekan produk halal dari MUI sendiri saat ini dapat dilakukan dengan sistem online, untuk memastikan mutu produk yang akan dikonsumsi,” terang Tajuddin.

Oleh sebab itu, dalam PESyar Makassar 2020 diharapkan pelaku usaha mengembangkan usahanya untuk bersertifikasi halal demi mendukung meningkatnya rantai nilai halal, serta konsumen semakin menyadari pentingnya nilai dan prinsip syariah terhadap penggunaan produk halal sesuai tuntunan kehalalan dalam perspektif Islam dan mengimplementasikannya pada aktivitas sehari-hari.