Besok, Wings Air Terbang Perdana ke Toraja

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Wings Air, anak perusahaan dari Lion Grup, akan melakukan penebangan perdana rute Bandara Sultan Hasanuddin Makassar ke Bandara Buntu Kunik Toraja, Jumat pagi (4/9/2020) pukul 09.35 Wita.

Lion Grup segera membuka rute baru Makassar-Toraja setelah bandara Bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, Tana Toraja, resmi beroperasi.

Wings Air menjadi maskapai pertama yang melayani penerbangan ke Toraja dengan perjalan sekitar 50 menit. Sengaja dipilih 4 September karena bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional (HPN).

Corporate Communication Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan pihaknya akan mengoperasikan armada tipe ATR 72-600 atau ATR 72-500, dengan kapasitas 72 kursi kelas ekonomi.

"Kami targetkan bisa mengisi 35-40 seat," kata Danang saat melakukan kunjungan ke redaksi CELEBESMEDIA.ID, Kamis (3/9/2020).

Danang menambahkan, untuk tahap awal, Wings Air akan melayani 4 kali seminggu pergi-pulang yaitu Senin, Selasa, Jumat, dan Minggu. 

Dengan dibukanya rute Makassar-Toraja ini diharapkan bisa kembali menggairahkan pariwisata di Tana Toraja dan meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Ini bisa menggugah minat traveling dan membantu gairah perekonomian. Ini sama dengan membuka pasar. Kita tahu Toraja salah satu destinasi wisata budaya terkenal di Sulsel, bahkan sudah dikenal di dunia," katanya.

"Kami juga tawarkan kemudahan transportasi sekaligus ingin mengkampanyekan 'terbang itu aman'," ucap Danang.

Harga sekali terbang ke Toraja berkisar Rp 600 ribu dengan durasi perjalanan sekitar 50 menit. Cukup memangkas waktu jika dibandingkan dengan jalur darat yang memakan waktu 8-9 jam.

Toraja adalah daerah keempat di Sulsel yang diterbangi Wings Air. Sebelumnya ada ke Maros (Makassar), Bua-Palopo, dan Selayar.

Sesuai dengan protokol kesehatan, setiap penumpang wajib menyertakan dokumentasi hasil Rapid tes yang menyatakan non reaktif. Juga mengikuti prosedur kesehatan lain ya seperti menggunakan masker dan hand sanitizer.