KPPU Makassar Pantau Harga Bahan Pokok Jelang Ramadan

Pasar Terong Makassar - (foto by Ariani)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Kantor Perwakilan Daerah (KPD) Makassar mulai mengawasi sejumlah komoditas bahan pokok menjelang bulan suci Ramadan. Pengawasan dilakukann terhadap komoditas yang harganya kerap kali melambung tinggi saat bulan puasa, seperti telur dan daging ayam.

Kepala KPPU KPD Makassar, Aru Armando mengatakan kenaikan sejumlah komoditas pangan jelang Ramadan disebabkan berbagai faktor seperti permintaan yang meningkat sementara pasokan pangan berkurang.

“KPPU mengambil langkah dengan rutin melakukan pengawasan dan mengendalikan ketersediaan komoditas pangan, baik dari segi harga maupun pasokan barang dengan terus mengikuti perkembangan di pasar,” tegas Kepala KPPU KPD Makassar, Aru Armando saat ditemui CELEBESMEDIA.ID, Selasa (23/4/2019).

Aru menambahkan, kenaikan harga tidak hanya disebabkan permintaan dan pasokan, namun kenaikan harga juga kerap disebabkan adanya tindak kriminal kartel. Untuk itu, pihaknya bersama dengan kepolisian dan satgas pangan akan terus melakukan pengawasan, dan jika menemukan adanya tindak kriminal  pedagang, maka pihaknya akan bertindak tegas dengan memberikan sanksi.