Wakil Gubernur dan Kepala BI Sulsel Buka PESyar Makassar 2020

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Pekan Ekonomi Syariah (PESyar) Makassar 2020 resmi dibuka, Kamis (13/8/2020).

Kegiatan tahunan ini digelar secara virtual sebagai adaptasi baru di masa pandemi Covid-19. PESyar 2020 dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Kepala Kantor Bank Indonesia Wilyah Sulsel, Bambang Kusmiarso.

Dalam sambutan virtual, Bambang Kusmiarso menyebut tema PESyar tahun ini disesuaikan dengan kondisi masa pandemi dan adaptasi kenormalan baru, dengan tema “Bangkit Bersama Ekonomi Syariah”.

“Selama pandemi dan adaptasi kenormalan baru,  sinergi kolaborasi, koordinasi, inovasi, setiap pemangku kebijakan dan pelaku ekonomi sangat dibutuhkan saat ini. Khususnya dukungan terhadap perkembangan sistem ekonomi syariah yang diharapkan menjadi sumber ekonomi baru, yang memiliki kelebihan meliputi keadilan, profesinalisme, transparansi,” jelasnya.

Sementara itu, Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengapresiasi kegiatan pekan ekonomi syariah yang telah digelar selama empat tahun terakhir.

“Berbicara ekonomi syariah, pangsa ekonomi syariah cukup besar di Sulsel, sehingga diharapkan perbankan memberikan dukungan untuk mengejar target market, serta peluang  pengembangan sumber ekonomi baru yang digeluti pelaku ekonomi syariah melalui sistem syariah yang turut didukung dengan fasilitas perbankan,” papar Andi Sudirman.

Andi Sudirman menambahkan, Pemerintah Provinsi Sulsel juga meminta dukungan sektor perbankan untuk melewati masa sulit pandemi Covid-19.

Secara umum pemerintah Sulsel mengajak sektor perbankan berkolaborasi dan berinovasi dalam mengembangkan produk-produk ekonomi berbasis syariah. Oleh sebab itu, pada kegiatan pekan ekonomi syariah Makassar berbagai pertunjukan seni , kreasi, fesyen dan  bazaar produk UMKM halal diharapkan mendorong pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawesi Selatan.