Nur Alamsyah Ungkap 3 Pilar Bosowa Semen Hadapi Pandemi Covid-19

Nur Alamsyah - (foto by Akbar)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Division Head of Marketing Bosowa Semen, Nur Alamsyah menjadi narasumber dalam acara talkshow Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2021 session 2 yang digelar Celebes TV di Function Room (FR) Menara Bosowa,  Selasa (31/8/2021) pagi.

Dengan tema ‘Local Hero Sukses Berbisnis dengan Karakter Keras dan Kuat’, Nur Alamsyah membagikan beberapa hal bagaimana menghadapi tantangan dimasa pandemi Covid-19 agar sukses berbisnis dengan penerapan karakter yang kuat.

"Industri Semen Bosowa sudah mengalami tantangan sebelum pandemi datang di Sulsel, dimulai tahun 2013 sampai sekarang yang mana konsumsi masyarakat tidak terlalu bergerak, hingga memasuki tahun 2020 hal itu menjadi tantangan yang semakin besar, dimana saat itu Semen Bosowa mempunyai beberapa plan dan harapan agar pertumbuhan semen bisa naik dari tahun sebelumnya, namun di tahun 2020  harus buyar karena adanya Covid-19," ujarnya.

Industri Semen Bosowa memasuki masa pandemi, harus kembali memikirkan efisiensi apa  saja yang bisa dilakukan, dimana hal yang menjadi hantaman besar adalah mengenai keuangan, penjualan yang sangat menurun ditambah dampak pandemi adanya PSBB hingga PPKM kemarin yang menyebabkan bahan-bahan tidak datang tepat waktu hingga dampak pengurangan biaya yang tidak perlu harus dikeluarkan.

Nur Alamsyah mengatakan dimasa pandemi saat ini ada 3 pilar yang dikembangkan Semen Bosowa untuk menghadapi tantangan, yakni pertama, Management Crisis Tranformation yaitu melihat dan merevisi seluruh stakeholder seperti vendor untuk diatur kembali dengan memfokuskan hal-hal yang lebih urgent.

"Kedua, Production Principal Tranformation yaitu mengatur kembali portofolio Semen Bosowa agar probability tetap ada dengan melihat daerah prioritas yang lebih baik dan celah distribusi. Dan ketiga, Organitation and Culture Tranformation yaitu melihat kembali organisasi-organisasi Semen Bosowa untuk dirampingkan bagian yang tidak penting dan melihat perubahan culture yang terjadi," jelasnya.

Namun disamping 3 pilar tersebut Semen Bosowa tetap selalu menerapkan pola kekeluargaan untuk menjalin kebersamaan yang lebih kuat.

Sebelumnya diberitakan, Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2021 kembali hadir. Rencananya, kegiatan talkshow seputar perekonomian ini akan digelar dari 31 Agustus hingga 2 September 2021.

Pada session kedua ini, CVBW mengusung tema 'Merdeka dari Pandemi, Yes We Can'. Sejumlah pelaku ekonomi dan bupati dan akan hadir menjadi narasumber dalam hajatan yang akan disiarkan secara langsung di kanal Celebes TV, Celebes Radio, Celebesmedia.id dan sosial media.

Laporan: St. Dwimusfirah Eppe (UINAM)