Hore! Harga Cabai Rawit Mulai Terkendali di Makassar

Pedagang cabai di Pasar Pabaeng-baeng Makassar - (foto by Riski)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Harga cabai rawit akhirnya normal setelah sempat mengalami kenaikan harga di pasaran Kota Makassar.

Berdasarkan hasil pantauan Celebesmedia.id, pada sejumlah pedagang di pasar Pa'baeng-baeng Makassar, Minggu (18/8),harga Cabai rawit kini dibanderol dengan harga Rp25.000 per kilogramnya.

Harga tersebut telah bertahan sejak sepekan lalu kata salah satu pedagang, Namira. 

" Harga cabai rawit sekarang sudah mulai turun harga, untuk harga nya hari ini Rp25.000 per kilogram nya, sudah ada satu minggu turun harga, kalau sebelum nya itu naik i harga nya, sempat sampai Rp60.000 per kilogram," ujar salah seorang pedagang di Pasar Pa'baeng-baeng, Namira. 

Sebelumnya pada periode akhir Juli - awal Agustus, harga cabai rawit sempat memanas hingga menyentuh angka Rp55.000 - Rp60.000.

Kembalinya harga cabai ke angka normal juga membuat ibu-ibu sumringah terutama untuk pengusaha warung makan atau warteg. 

Pasalnya jika harga cabai rawit melonjak, otomatis produksi sambel untuk makanan di warung juga harus ditekan agar tidak terlalu menguruas keuntungan, kata salah satu pemilik warung makan, Ramli (41). 

" Lombok sekarang sudah turun ke harga normal, alhamdulillah, karena kemarin itu sempat naik 2 kali lipat harganya, kalau begitu kan kita ini yang penjual makanan harus putar otak lagi untuk kurangi produksi sambelnya supaya tidak rugi, pokoknya lombok sama beras ini memang berdampak sekali ke kita, apalagi orang Makassar kan suka yang pedas-pedas, " ujar Ramli (41) saat ditemui di warung miliknya yang terletak di Jl Sultan Alauddin. 

Sementara itu, untuk harga jenis cabai lainnya, seperti Cabai Keriting kini dibanderol dengan harga Rp30.000 (harga normal), sedangkan untuk cabai besar kini berada di angka Rp20.000 untuk per kilogram. 

Laporan : Riski