Ketua HIPMI Sulsel Ungkap Cara Bisnis Bertahan di Masa Pandemi

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sulawesi Selatan, Andi Rahmat Manggabarani menjadi narasumber dalam talkshow Celebes Virtual Business Week (CVBW) 2021 yang digelar Celebes TV di Function Room (FR) Menara Bosowa, Selasa (27/7/2021) pagi.

Dengan mengangkat tema 'Bangkitkan Sektor UMKM dengan Inovasi dan Teknologi', Ketua HIPMI Sulsel, Andi Rahmat Manggabarani mengungkapkan cara pelaku usaha agar dapat bertahan di era new normal selama pandemi Covid-19.

“Pengusaha-pengusaha yang berhasil mengadaptasi di new normal ini tentu pengusaha-pengusaha inilah yang tetap eksis dan tumbuh di masa pandemi ini, bagaimana caranya? Sekarang ini sudah mengarah di era digitalisasi orang lebih banyak di rumah melihat gadgetnya, salah satu usaha agar bisnis kita tetap tumbuh adalah digitalisasi, kita di Indonesia ini belum siap akan digitalisasi namun pandemi ini memaksa kita untuk go digital,” ungkap Andi Rahmat.

Ia pun menjelaskan bahwa pelaku usaha yang berada di bawah naungan HIPMI akan mendapatkan kesempatan produknya dipromosikan di Marketplace.

“Buat teman-teman pelaku usaha UMKM sekarang marketplace sudah banyak sekali ada tokopedia, Shoope, ada Blibli, ada Gojek, ada Grab, di HIPMI sendiri kita bekerjasama dengan Gojek karena Gojek karya anak bangsa dan salah satu platform yang kita anggap cukup peduli dengan pelaku usaha-usaha UMKM. Kerjasama kita dengan Gojek adalah semua UMKM yang di bawah naungan organisasi HIPMI itu bisa masuk ke dalam marketplace itu sendiri, jadi dipromosikan secara cuma-cuma  di Gojek asalkan dia beranggotakan HIPMI,” tambahnya.

Selain itu, juga akan dilakukan pelatihan-pelatihan branding produk seperti cara foto produk, copy writing yang mampu menarik perhatian pelanggan.