Sekda Luwu Buka Workshop Digital Marketing bagi Pelaku UMKM di Walmas

Promoted . 20-09-2021, 08:19

CELEBESMEDIA.ID, Luwu - Kolaborasi stakeholder dalam upaya Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Kabupaten Luwu semakin gencar digalakkan. Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Satgas PEN terus memberikan motivasi pada pelaku-pelaku usaha khususnya yang bergerak di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM.

Hal ini kembali terlihat pada kegiatan Workshop Digital Marketing bagi UMKM di Kabupaten Luwu terkhusus di wilayah Walenrang-Lamasi terdampak Pandemi Covid-19. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Luwu bekerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Luwu dipusatkan di Kantor Camat Lamasi, Minggu (19/9/2021).

Sekretaris Daerah Kabupaten Luwu, Drs H Sulaiman MM yang membuka secara resmi kegiatan Workshop Digital Marketing memberikan apresiasi atas kolaborasi Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Luwu dan PT Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Luwu melaksanakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM.

“Ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, tapi dibutuhkan partisipasi aktif dan kolaborasi dari semua pihak. Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu, saya mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada pengurus Pimpinan daerah Pemuda Muhammadiyah Luwu dan PT Pegadaian (Persero) Syariah Cabang Luwu, dimana ini kolaborasi yang kedua kalinya dengan kegiatan yang sama. Semoga melalui kegiatan Workshop Digital Marketing, UMKM menjadi kuat, maju dan tumbuh di Kabupaten Luwu,” kata H Sulaiman.

Sementara Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Luwu yang juga merupakan Wakil Ketua II DPRD Luwu, Zulkifli menjelaskan bahwa kegiatan Workshop Digital Marketing telah menjadi agenda rutin Pengurus Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Luwu, selain itu sebagai bentuk partisipasi aktif membantu pemerintah daerah dalam percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

“Pengurus Pemuda Muhammadiyah Luwu bidang kewirausahaan telah berkomitmen untuk melahirkan pengusaha-pengusaha muda di Kabupaten Luwu. Melihat kondisi sekarang, kami mencoba mengembangkan UMKM yang terdampak pandemi Covid-19 melalui sisi perkembangan teknologi terutama pemanfaatan digital marketing. Dengan adanya  Workshop Digital Marketing ini, diharapkan para peserta dapat saling berbagi dengan pelaku-pelaku usaha lainnya, sehingga ilmu yang didapatkan ini dapat diibaratkan sebagai virus kebaikan yang dapat bermanfaat bagi semua orang,” jelas Zulkifli.

Ketua Satgas PEN Luwu, Erny Veronika Maramba selaku narasumber dalam sesi dialog UMKM lebih fokus memberikan motivasi kepada pelaku UMKM maupun yang baru berkecimpung dalam bidang UMKM.

“Saya senang tagline kegiatan ini, yaitu UMKM Kuat, Maju dan Tumbuh. UMKM itu memang harus diperkuat, harus tumbuh. Yang menasional bahwa UMKM Tangguh dan UMKM berdaya. Sebelum memulai sebuah usaha, kita harus memahami apa itu UMKM dan apa saja kriterianya. Untuk memulai, kita harus terlebih dahulu mencari kiat-kiatnya,” terang Erny Veronika Maramba.

Menurut Erny, setelah mencari kiat-kiat, kemudian berusaha memahami diri sendiri untuk membentuk keyakinan bahwa mampu menjalankan usaha yang telah dipilih dan harus bertanggung jawab atas langkah-langkah yang ditempuh. Keyakinan sangat diperlukan sebagai pendorong dan kekuatan Ketika suatu waktu usaha yang dilakukan menemui kendala. Selain itu, diperlukan juga untuk mengetahui potensi kelebihan dan kelemahan pada diri sendiri untuk mulai menata pribadi mencapai kesuksesan sebagai seorang pengusaha.

Hadir pula narasumber lainnya, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan dapil Luwu Raya membawakan materi terkait Manfaat koperasi dan kiat-kiat koperasi yang sehat, sementara Kadis Koperasi UKM dan Perindustrian Kabupaten Luwu, Andi Fatahillah menyampaikan upaya-upaya pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat khususnya pelaku UMKM.

Reaksi

Sedih 0%

Marah 0%

Senang 0%

Terkejut 0%

Guest

0 Comment