Ini Sejarah Perkembangn dan Pertumbuhan Asuransi di Indonesia

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Perusahaan asuransi di Indonesia terus berkembang dan semakin bertambah banyak peminat, baik dari produk asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan asuransi jenis lainnya.

Sejarah berdirinya asuransi di Indonesia pun tidak terlepas dari semakin berkembangnya bisnis pemerintah kolonial Belanda pada sektor perkebunan dan perdagangan. Pada masa tersebut perkebunan rempah-rempah, tembakau dan kelapa sawit yang menjadi ciri khas tanaman di Indonesia tumbuh pesat.

Pada masa penjajahan Belanda, untuk menunjang bisnis perkebunan dan perdagangan, mereka mendirikan perusahaan asuransi kerugian pertama di Indonesia yaitu Bataviasche Zee End Brand Asrantie Maatschappij pada tahun 1853 dengan perlindungan utama terhadap resiko kebakaran dan asuransi pengangkutan.

Lahirnya asuransi di Indonesia pertama kali didirikan oleh orang Belanda dengan nama Nederlandsh Indisch Leven Verzekering En Liefrente Maatschappij (NILMIY) dengan mengadopsi perusahaan Asuransi Belanda yaitu De Nederlanden Van 1845.

Kelak dikemudian hari setelah Indonesia merdeka, asuransi ini diambil alih Pemerintah Indonesia dan berganti nama menjadi PT Asuransi Jiwasraya. Disusul berikutnya oleh Asuransi Jiwa Boemi Poetra pada tahun 1912.

Perusahaan asuransi tersebut menjadi tolak ukur dari perkembangan asuransi di Indonesia dimana dibuat oleh masyarakat bahkan secara gotong royong dan tolong menolong antar anak bangsa. Oleh sebab itu pada zaman dahulu perusahaan asuransi tersebut dibuat dalam wujud onderling ataupun perusahaan bersama.

Setelah memasuki era modern maka perusahaan asuransi baru terus bermunculan dengan menghadirkan banyak produk terbaru. Diantaranya Asuransi Sinarmas, Asuransi Axa Mandiri, Allianz, AIA Financial, hingga Prudential.

Jadi dalam asuransi di era modern seperti sekarang siapa saja harus mampu melihat segala macam potensi menguntungkan yang sekarang ini bisa diperlihatkan dengan menawarkan produk investasi terbaik hingga menjadi satu bukti seputar perkembangan asuransi di Indonesia.

Hal ini semakin menambah alternatif pilihan bagi masyarakat untuk medapatkan perlindungan terhadap resiko seperti yang diharapkan.

Tetapi, di sisi lain pemerintah juga semakin tanggap dengan kebutuhan masyarakat akan perlindungan sehingga mulai tahun 2014 lalu, lahir Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Ketenagakerjaan sebagai gabungan fungsi dan peran dari Jamsostek dan Askes pada periode sebelumnya.

Tags : Asuransi