CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Bank Syariah Indonesia (BSI) melangkah setahap lagi dalam pelayanan, pasca penyatuan tiga bank syariah pelat merah. 

Hari ini 5 April 2021 BSI benar-benar beroperasi dengan sistem dan nama BSI (roll out). 

Momentum ini justru dicatatkan BSI Regional XI Makassar sebagai region pertama yang melakukan roll-out (penyatuan sistem layanan). 

Roll-out merger operasional ini mencakup migrasi rekening nasabah BNI Syariah-BRI Syariah meliputi kartu ATM hingga mobile dan internet banking ke dalam sistem dan layanan Bank Syariah Mandiri yang dipilih sebagai sistem yang existing. 

Secara legalitas, Bank Syariah Mandiri, BRI Syariah dan BNI Syariah resmi merger menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) pada 1 Februari 2021. Sejak saat itu, branding sudah berganti menjadi Bank Syariah Indonesia. 

Pasca merger BSI memiliki 115 jaringan di Region XI Makassar. "Kami targetkan semua beres dengan sistem yang sama sejak 15 Februari hingga 31 Oktober 2021," kata CEO BSI Region XII Makassar Kemas Erwan Husainy. 

Dalam periode tersebut, nasabah secara bertahap dihubungi untuk melakukan migrasi ke Bank Syariah Indonesia. "Nasabah dapat menyampaikan informasi bila terdapat perubahan nomor telepon dan email," ucapnya. 

Erwan memastikan, seluruh tim di wilayah Sulawesi Selatan siap untuk melakukan roll-out bagi 371 ribu nasabah dengan protokol kesehatan ketat.

Ia menegaskan, proses migrasi ini bisa dilakukan secara daring melalui BSI Mobile maupun datang langsung ke outlet guna menghindari kerumunan sesuai protokol kesehatan.

"Untuk penggantian buku tabungan dan ATM harus datang ke outlet," tuturnya. 

Setelah penyatuan ini, BSI Region XI Makassar memiliki 1,2 juta nasabah dengan 115 jaringan pelayanan. 

Region XI Pilot Migrasi 

SVP Marketing Communication BSI Pusat Ivan Ally mengatakan, Region XI ini merupakan episetrum untuk roll-out di region lain. 

"Jadi ini pilot migrasi, percontohan bagi region lainnya," ucapnya. 

Dipilihnya region XI sebagai pilot, menurut Ivan, selain karena nasabah yang relatif sedikit di banding region lainnya di Jawa, juga menegaskan komitmen BSI dalam mendorong pertumbuhan dan pelayanan perbankan syariah di kawasan timur Indonesia. 

Dengan menyatukan tiga bank, total aset BSI Regional XI mencapai Rp Rp 9,3 triliun.