Kasus Corona Merabak, Jusuf Kalla Instruksikan Jaga Kebersihan Masjid

Jusuf Kalla memimpin rapat dengan pengurus DMI di Jakarta / foto: (Tim Media JK)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Sehubungan dengan masuknya wabah virus Corona (Covid-19) di Indonesia, Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), M Jusuf Kalla, menginstruksikan kepada seluruh pengurus maupun takmir masjid dan musholla agar setiap saat menjaga kebersihan lingkungan tempat ibadah.

Hal ini disampaikan Jusuf Kalla usai memimpin rapat dengan para pengurus pusat maupun pengurus sayap DMI di kantornya, Jalan Jenggala I, Kabayoran Baru, Jakarta, Rabu (4/3/2020) sore.

JK, sapaan Wapres RI ke-10 dan 12 ini, menghimbau kepada seluruh jajaran pimpinan wilayah, daerah, cabang, dan ranting untuk melakukan langkah Sanitasi Siaga bersama DKM dan Takmir Masjid atau Musholah. Petugas diminta teratur menjaga kebersihan lantai masjid atau musholah dengan cairan disinfectant.

Selain itu, juga menjaga kebersihan karpet dan alas shalat lainnya dengan rutin/konstan (penggunaan vacuum cleaner alat pembersih lainnya sangat dianjurkan). Tidak ketinggalan menjaga kebersihan tempat wudhu dan toilet dengan cairan disinfectant.

JK juga menghimbau para jama'ah shalat agar membawa sajadah atau sapu tangan/kain bersih sendiri sebagai alas sujud masing-masing.

Selain itu, JK meminta para jama'ah yang sedang batuk, demam, dan mengalami gejala sakit seperti flu/salesma agar melaksanakan shalat di rumah hingga sembuh.

“Mari kita ikut mengawasi penyebaran/penularan virus Corona (Covid-19) dan melakukan upaya tanggap. Laporkan jika ada warga masyarakat yang dicurigai terdampak virus Corona, khususnya di sekitar Masjid atau Musholah,” katanya.

Hal ini dilakukan agar masyarakat terhindar dari penyebaran virus corona yang dapat tersebar melalui kontak badan ataupun bersentuhan langsung dengan orang yang sedang terjangkit virus corona.

Sementara itu, seperti diketahui, dua warga Depok telah terjangkit Virus Corona dan saat ini dalam penanganan tim medis.(*)