Pertemuan Saudagar dan Cedekiawan Bugis-Makassar Diundur Sepekan

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Pertemuan akbar diaspora saudagar dan cendekiawan Bugis-Makassar yang akan digelar Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan diundur sepekan. 

Semula acara itu dijadwalkan selama tiga hari di Makassar, yakni tanggal 6 sampai 8 Mei, namun diundur ke tanggal 13 sampai 15 Mei 2022.

Kabar penundaan agenda akbar KKSS tersebut diperoleh CELEBESMEDIA.ID, saat Ketua Umum KKSS Muchlis Patahna dan Sekjen KKSS Abdul Karim menyerahkan surat penundaan acara kepada Ketua Dewan Kehormatan KKSS HM Jusuf Kalla di kediaman Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 itu, Minggu (10/04/2022) malam. 

"Pak JK ingin sekali hadir langsung bersilaturrahmi dengan warga KKSS di Makassar. Namun pada jadwal semula bertepatan dengan agenda beliau ke Jepang," ujar Muchlis usai menyerahkan suratnya. 

Karena itu, kata dia, pengurus KKSS dan panitia sepakat memutuskan untuk menunda sepekan. Selain itu, juga supaya panitia memiliki waktu persiapan yang lebih longgar.

Pertemuan yang akan digelar di Makassar termasuk agenda besar KKSS. Tiga agenda utamanya, yakni Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) ke-22, Pertemuan Candekiawan Bugis-Makassar (PCBM) ke-2, dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) KKSS. 

PSBM yang digelar setiap tahun pasca Lebaran Idul Fitri, tidak diselenggarakan di Makassar dalam dua tahun terakhir. Penyebabnya, peraturan pemerintah sehubungan pandemi Covid-19 yang membatasi jumlah peserta dalam setiap pertemuan umum.