KKSS Gelar Pertemuan Cendekiawan Bugis Makassar II

Festival Budaya HUT ke-46 KKSS, Sabtu (5/11) - (ist)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) menggelar Pertemuan Cendekiawan Bugis Makassar, Senin (7/11/2022).

Acara itu digelar secara hybrid. Pertemuan langsung (offline) digelar di Ruang Teater Perpustakaan Nasional, Jakarta. 

Bagi warga KKSS maupun kalangan umum yang tidak bisa hadir secara langsung dan berminat menyimak acara itu, menurut Ketua PCBM, Prof Awaluddin Thalla, dapat mengikuti perbincangan yang menampilkan tokoh-tokoh Bugis Makassar itu secara online (via zoom).

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12 HM Jusuf Kalla akan tampil memberikan pengantar (arahan) pertemuan. Panitia akan menampilkan Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian sebagai pembicara kehormatan. 

Syahrul akan tampil berbicara dengan topik transformasi kepemimpinan nasional dalam perspektif budaya Bugis-Makassar. 

Refleksi dan jejak sejarah syaikh Yusuf Al-Makassari Ulama Sufi dan pejuang, menginspirasi perjuangan Nelson Mandela melawan politik apartheid akan disampaikan Najma Moosa, Professor of Western Cape Afrika Selatan. 

Adapun refleksi dan jejak sejarah Raja Ali Hani, sastrawan, sejarawan dan negarawan yang berkiprah di Tanah Melayu dan kontribusinya sebagai Bapak Bahasa Indonesia, akan dipaparkan Prof Dr Abdul Malik dari Universitas Maritim Raja Ali Haji. 

Topik isu-isu aktual transformasi kepemimpinan nasional 2024 dalam perspektif pembangunan ekonomi dan industri dalam tinjauan nilai-nilai budaya Sulsel akan dipaparkan praktisi dunia usaha Erwin Aksa, akademisi Prof Achmad Alim Bachri (Rektor Unlam) dan Prof Batara Surya (Rektor Universitas Bosowa). 

Topik isu-isu aktual transformasi kepemimpinan nasional 2024 dalam perspektif politik, hukum, dan pemerintahan dalam tinjauan budaya Sulsel menampilkan pembicara Dr Zainal Arifin Mochtar (UGM) dan Prof Andi Khaeruni (Unhalu). 

PCBM ini merupakan yang kedua kalinya digelar KKSS. Semula direncanakan paralel dengan Pertemuan Saudagar Bugis Makassar di Makassar. Akan tetapi Pengurus KKSS memutuskan menunda untuk digelar dalam rangka HUT ke-46 KKSS. 

Serangkaian acara digelar dalam rangka HUT ke-46 KKSS dimulai dengan Festival Budaya Sulawesi Selatan, Minggu (5/11). Ada juga pertandingan domino, senam massal di Monas Sabtu (12/11), puncaknya turnamen golf Minggu (13/11) di Senayan Golf Club.