Mantan PM Jepang Ditembak, JK: Kita Berdoa Semoga Selamat

Jusuf Kalla - (foto by Tim Media JK)

CELEBESMEDIA.ID, Jakarta - Mantan Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe dilaporkan ditembak ketika sedang berkampanye untuk seorang kandidat di partainya, di dekat stasiun Yamatosaidaiji, Nara, Jumat (8/7/2022) waktu setempat.

Wakil Presiden RI ke-10 dan 12, Jusuf Kalla atau JK pun berdoa untuk keselamatan Abe.

"Kita tentu saja ikut berdoa agar beliau (Abe) bisa selamat, sebab beliau orang baik," kata JK usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Nurul Hidayah, jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Jumat (8/7/2022).

JK juga mengaku bersahabat baik dengan Abe. "Saya sering bersama-sama dalam beberapa kali dalam kegiatan konferensi internasional," tambah JK.

Seperti diketahui, Abe saat itu sedang pidato untuk seorang kandidat partainya. Shinzo Abe disebut tak sadar dan tak responsif setelah tembakan terjadi.

Diberitakan ANTARA yang mengutip TBS Television, Abe terkena tembakan di bagian kiri dadanya dan tampaknya juga di bagian leher.

Kantor berita Kyodo dan mengatakan jantung Abe tampaknya berhenti berdetak ketika tokoh berusia 67 tahun itu dilarikan ke rumah sakit.

Seorang wartawan NHK melaporkan dari lokasi kejadian bahwa mereka mendengar dua tembakan berturut-turut saat Abe berpidato.

Abe menjabat perdana menteri selama dua periode dan menjadi perdana menteri dengan masa jabatan terpanjang. Ia mengundurkan diri sebagai perdana menteri pada 2020 karena kondisi kesehatan.