Ketum KKSS Harap Saudagar Pacu Spirit Bangun Daerah

Muchlis Patahna - (foto by Phinisi.co.id)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Ketua Umum Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Muchlis Patahna mengharapkan seluruh perantau Saudagar Bugis Makassar semakin meningkatkan semangat dan perannya membangun daerah.

"Saya akan menyampaikan harapan ini dalam pembukaan PSBM (Pertemuan Saudagar Bugis Makassar) dan Musyawarah Kerja Nasional KKSS," kata Muchlis sesaat sebelum gelaran PSBM dimulai, Sabtu (14/5/2022) di Makassar

Pertemuan Saudagar Bugis Makassar XXII yang dihelat KKSS Sabtu 14 Mei 2022 di Hotel Claro Makassar akan dihadiri dan dibuka oleh Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, HM Jusuf Kalla, yang juga selaku pendiri PSBM.

Muchlis mengungkapkan, PSBM terpaksa tidak digelar secara tatap muka langsung selama dua tahun karena pandemi Covid-19.

Karena itu, Muchlis berharap akan semakin banyak saudagar perantauan (diaspora) yang ikut PSBM pada tahun-tahun mendatang.

Muchlis mengungkapkan, dinamika kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat, sampai berbisnis semakin dinamis. Tantangannya semakin banyak, lebih bervariasi dan berat.

Hal itu katanya, membutuhkan respon yang dinamis pula, salah satunya dengan kolaborasi sesama saudagar diaspora, sinergi dengan pemerintah, pusat maupun daerah.

Karena itulah tradisi PSBM senantiasa diupayakan dipertahankan sesuai tuntutan dan dinamika yang dihadapi.

Muchlis yakin PSBM merupakan ajang yang diharapkan meningkatkan silaturahmi antara sesama saudagar perantauan, saudagar di Sulsel dan pemerintah di daerah. Dari ajang silaturrahmi itulah diharapkan terjadi kolaborasi dan sinergi yang dibutuhkan untuk membangun bisnis dan membangun daerah.

Karena itulah, ujar Muchlis, pengurus terdahulu mengagas PSBM diurus bersama KKSS, Pemerintah Provinsi, dan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Daerah.

"KKSS telah merintis kolaborasi itu. Bagaimana kita melanjutkan, memodifikasi sehingga tujuan PSBM dapat tercapai. Itulah sebabnya Mukernas juga digelar setelah PSBM, antara lain untuk mengakomodasi aspirasi yang berkembang," katanya memaparkan.

PSBM yang selalu digelar di Makassar pasca lebaran Idul Fitri sempat tidak digelar karena pandemi Covid-19 sejak 2020. Tahun lalu PSBM dihelat secara online.

Menurut jadwal acara yang ditetapkan Panitia Pelaksana, serangkaian agenda PSBM kali ini digelar selama tiga hari. Hari pertama, Jumat 13 Mei, seluruh peserta dijamu makan malam oleh Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Gubernuran.

Hari kedua, Sabtu (14/5) pagi, pembukaan sekaligus halal bihalal warga KKSS yang datang dari seluruh penjuru nusantara, bahkan yang datang dari luar negeri. Siangnya PSBM digelar dengan menampilkan sejumlah pembicara.

Hari ketiga, Minggu (15/5) pagi, diadakan jalan santai. Siangnya Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) KKSS. Mukernas akan membahas masalah-masalah keorganisasian dan kewargaan KKSS.

Selain itu, panitia juga memggelar expo yang akan menampilkan produk dan peluang investasi daerah Sulsel dan kabupaten atau kota di Sulsel.

Peserta dari berbagai daerah mulai Jumat (12/5) berdatangan ke Makassar untuk mengikuti serangkaian kegiatan PSBM.