Wisata Religi Masjid Al Jabbar Bandung

Masjid Al Jabbar Bandung (Foto: @indratriadhi)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Masjid Al Jabbar diresmikan pada 30 Desember 2022. Pembangunan masjid yang akan menjadi Masjid Raya Jawa Barat tersebut memakan waktu 7 tahun.

Masjid Raya Al Jabbar memiliki beragam fungsi sebagai ruang publik. Selain tempat beribadah umat Muslim, masjid yang berada di Gedebage, Kota Bandung, tersebut dapat menjadi destinasi wisata dan edukasi yang menarik. 

Konsep dari bangunan sendiri berasal dari rumus matematika yang identik dengan rumus aljabar. Ini terlihat dari ornamen rumit namun indah. Ilmuan matematika dunia juga bernama Aljabar.

Al Jabbar juga merupakan salah satu nama dari asmaul husna yang dituliskan di bagian mihrab masjid. Al Jabbar juga nama asmaul husna yang kita tuliskan di mihrab yang artinya agung. Al Jabbar juga bisa jadi singkatan Jawa Barat.

Masjid Al Jabbar juga dikonsepkan memiliki 27 pintu yang menyimbolkan 27 kabupaten/kota di Jabar. Ukiran batik dari 27 pintu tersebut berbeda-beda sesuai kekhasan masing-masing daerah. Masjid Al Jabbar memiliki beberapa fasilits lain:

Ma'rodh

Ma'rodh dapat diartikan sebagai ruang pamer atau ekshibisi. Ma'rodh dihadirkan di Masjid Raya Jawa Barat sebagai amanat Ridwan Kamil, selaku penggagas dan arsitek masjid ini.

Kang Emil ingin masjid ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah, namun juga memiliki fungsi edukasi dan sosial

Taman Tematik 25 Nabi dan Rasul

Masjid Al Jabbar dikelilingi taman tematik 25 Nabi dan Rasul, seperti taman Nabi Adam, taman Nabi Ibrahim, dan taman Nabi Yunus.

Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain danau retensi yang menopang bangunan Masjid Al Jabbar, area parkir, plaza timur, plaza pandang, lanskap keseluruhan.