Wisata Keluarga Hits Dusun Semilir Semarang

Dusun Semilir Semarang (Foto: lh3.googleusercontent.com)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Dusun semilir Sekarang menjadi salah satu tempat wisata hits di kota Semarang. Lokasi Dusun Semilir Semarang terletak di jalan utama dan tak jauh dari jantung ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut.

Dusun Semilir sendiri hanya berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Semarang. Lokasi Dusun Semilir juga strategis lantaran terletak tak jauh dari tol Bawen atau tepatnya di Jalan Soekarno–Hatta No. 49, Kelurahan Bawen, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk Dusun Semilir Semarang ini mulai dari Rp30 ribu sampai Rp90 ribu bergantung jenis tiket dan fasilitas yang didapat.

Sementara, Dusun Semilir Semarang buka setiap hari dengan jam operasional pukul 08.00 hingga 18.00 WIB pada hari biasa (weekdays) dan 08.00 hingga 20.00 WIB pada weekend.

Fasilitas Dusun Semilir Semarang bisa dikatakan sangat lengkap. Berbagai macam fasilitas umum seperti tempat ibadah, tempat parkir, toilet, tempat istirahat, tempat makan, dan berbagai fasilitas umum yang lain tersedia di destinasi wisata ini.


1. Wahana permainan

Ada banyak wahana permainan yang bisa dicoba di Dusun Semilir Semarang. Yang paling ikonis di tempat ini adalah perosotan pelangi atau perosotan warna-warni. Perosotan pelangi Dusun Semilir Semarang memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan alas seluncur yang berwarna-warni bak pelangi.

Konon katanya perosotan dengan warna oranye akan membuat Anda meluncur lebih cepat ketimbang perosotan dengan warna yang lainnya, jadi sangat cocok untuk Anda yang hobi memacu adrenalin.

Kemudian ada pula playground dengan berbagai wahana permainan. Sebut saja gondola, kereta wisata, kolam renang, dan wahana rumah hantu. Area ini tentu cocok bagi Anda yang datang bersama buah hati. 


2. Spot belanja

Di area ini, Anda akan disuguhkan deretan store atau toko yang menjual beragam barang dan oleh-oleh, mulai dari makanan, snack kekinian dan snack jadul, aksesori, barang kerajinan, dan banyak lagi.

Menariknya, sepanjang jalan Anda akan merasa seperti sedang bernostalgia. Pasalnya, jalanan yang disebut dengan Jalan Kenangan di spot belanja ini berkonsep street market.  


3. Spot foto instagramable

Dusun Semilir menyajikan berbagai macam spot foto instagramable yang bisa Anda manfaatkan untuk mengabadikan momen bersama orang terkasih. Spot foto yang tersedia antara lain:

* Alun Eropa: Anda bisa menikmati mendayung di sungai atau bersantai menaiki tram dan kereta api yang antik dengan suasana seakan berada di kota khas Eropa.

* Alas Tirta: Spot foto berkonsep alam dengan bermacam macam tanaman hutan tropis dengan aneka hewan menarik.

* Banyu Biru: Zona khusus bertema danau bohemian yang dilengkapi dengan air mancur menari, bantal taman, tenda gazebo

* Jembatan Senggol: Jembatan gantung dengan suasana khas pedesaan dan semilir angin gunung.


4. Wisata kuliner

Gunungan Bar and Resto menjadi pusat kuliner di Dusun Semilir Semarang yang terbagi menjadi dua area, yakni indoor dan outdoor. Untuk area outdoor, selain menikmati kelezatan kuliner, Anda juga bisa menikmati pemandangan berupa pegunungan yang sangat menawan.


5. Menginap di Dusun the Villas

Jika Anda datang dari luar kota, tak perlu khawatir jika mencari tempat menginap. Dusun Semilir Semarang menyediakan fasilitas penginapan bernama Dusun the Villas dengan berbagai tipe vila yang menyenangkan dan menyatu dengan leisure park Dusun Semilir.

Dusun the Villas ini memiliki bangunan bergaya bohemian yang eksotis sehingga bakal menyempurnakan momen liburan Anda. Untuk menginap, per malamnya dikenakan biaya berkisar antara Rp650 ribu hingga Rp900 ribu.