5 Pilihan Tempat Wisata Pulau Nias Sumatera Utara

Desa Adat Bawomataluo (Foto: Jurnaldesa.id/Razo Sultan)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Nias merupakan kepulauan yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera. Secara administratif pulau ini masih berada dalam wilayah provinsi Sumatra Utara.

Seperti halnya daerah kepulauan di Indonesia, Pulau Nias juga memiliki potensi pariwisata menarik di dalamnya. Berikut adalah rekomendasi wisata di Pulau Nias:

1. Pulau Asu


Foto: Pulau Asu Nias (Superlive.id)

Jangan salah fokus ya dengan penyebutan nama pulau ini. Asu diambil dari kependekan kalimat asuh yang bermakna terakhir dalam bahasa Nias. Untuk bisa sampai di pulau ini memang memerlukan waktu pejalanan yang cukup lama.

Lokasi pulau Asu sendiri terletak di sebelah barat kabupaten Nias dan berbatasan langsung dengan samudra Hindia. Tepatnya di Bawosaloo, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat.

Pemandangan di Pulau Asu sudah tidak peru diragukan lagi. Air laut sejauh mata memandang sangat jernih, ditabah lagi butiran pasir putih yang mebuat mata tampak betah memandang lukisan dari sang pencipta ini.


2. Pantai Karang Falaete

Pantai satu ini terletak di Desa Lahusa, Kecamatan Sirombu, Nias Barat. Terdapat susunan batu- batuan besar terjejer rapi di sepanjang bibir pantai, struktur batu karang seolah membuat pemandangan pantai satu ini sayang sekali untuk di lewatkan.

Naiklah ke salah satu batu karang besar, Anda akan melihat pemandangan alam Samudra Hindia yang luar biasa indah. Saat sunset adalah momen terbaik yang bisa Anda dapatkan disini.

Ombak di pantai Karang Falaete merupakan ombak yang bagus bagi Anda yang ingin berselancar. Menjajal gulungan ombak yang tak terputus di sini akan memacu adrenalin Anda pecinta selancar sejati.


3. Pantai Indah Tureloto


Foto: Pantai Indah Tureloto (Pariwisata Sumut)

Kalau pantai yang satu ini terletak di Desa Tureloto, Balefadoro, Tuho, Lahewa Kabupaten Nias Utara. Jika ingin melihat pantai dengan pemandangan air yang tenang dan jernih sehingga bisa untuk mandi atau sekedar bermain air, pantai Indah Tureloto adalah pilihan yang tepat.

Pantai ini memiliki air jernih di bibir pantainya, Anda bisa melihat kedalaman air bahkan dengan mata telanjang saja.


4. Desa Adat Bawomataluo


Foto: Desa Adat Bawomataluo (Phinemo)

Melipir sejenak ke Desa Adat yang menjadi daya tarik utama pariwisata masyarakat Nias. Desa ini terletak di Kecamatan Fanayama, Kabupaten Nias Selatan, saat ini Desa Bawomataluo sudah menjadi ikon wisata pulau Nias.

Di desa ini Anda bisa mendapatkan wisata budaya asli Indonesia seperti Tari Fataele atau yang sering disebut dengan tarian perang.

Tentunya tidak ketinggalan pertunjukan Homo Batu. Pertunjukan ini sudah merupakan bagian dari Desa Bawomaluo dan telah dilakukan selama beberapa generasi penerus. Tes lompat batu ini adalah untuk menentukan tingkat kematangan seorag lelaki asli Nias.


5. Air Terjun Humogo


Foto: Air Terjun Humogo (Traveling Medan)

Siapa yang tidak suka dengan wisata air terjun? Pasti hampir semua orang tidak bisa menolak wisata satu ini. Di Nias sendiri ada salah satu air terjun yang siap menyuguhkan panorama menarik untuk anda. Air Terjun Humogo terletak di Jalan Tola Maera, desa Fadoro. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan menyegarkan, sayang sekali jika kita melewatkan kesempatan untuk mandi di bawah deras air terjun.

Air terjun ini memang tidak terlalu tinggi, curah airnya pun juga tidak terlalu deras, cocok untuk tempat bermain air sambil bersenda gurau bersama teman ataupun keluarga.

Lokasi: Fadoro, Kec. Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli.