Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (Foto: infokampus.news)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan favorit di Indonesia. Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat dan keunggulan yang didapat apabila berhasil lolos menjadi mahasiswa di sana.

PKN STAN merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Keuangan yang membuka program ikatan dinas untuk program studi Diploma IV.

Program studi yang dibuka pada SPMB PKN STAN Prodi DIV adalah DIV Akuntansi Sektor Publik, DV Manajemen Keuangan Negara, dan DIV Manajemen Aset Publik. Penerimaan terbuka untuk jalur reguler dan afirmasi.

Lalu, apa saja manfaat yang akan didapat oleh peserta yang lolos menjadi mahasiswa STAN.

1. Kuliah gratis

Lama pendidikan untuk program studi DIV adalah delapan semester. Selama menjalani pendidikan akademik, mahasiswa tidak dikenakan biaya atau gratis. 

Namun, mahasiswa yang tidak memenuhi syarat kelulusan pada setiap akhir semester akan dikeluarkan dari program pendidikan PKN STAN.

2. Asrama

Bagi yang lolos SPMB PKN STAN 2022, pendidikan untuk program studi DIV akan tinggal di asrama sesuai dengan ketentuan yang berlaku di PKN.

Asrama ini hanya untuk mahasiswa DIV pada tahun pertama saja agar bisa fokus pada studinya. Sedang untuk tahun akademik selanjutnya, mahasiswa bisa cari kos atau akomodasi lain.

3. Lulus jadi CPNS

Inilah yang menjadi alasan kenapa banyak masyarakat ingin menjadi bagian PKN STAN. Dengan diangkatnya menjadi CPNS, mungkin sudah menjadi keuntungan sendiri sehingga tidak perlu bingung dan capek mencari pekerjaan.

4. Bisa bekerja di Kementerian Keuangan

Lulusan Program Studi Diploma IV dapat diangkat menjadi CPNS di lingkungan Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.