Wisata Gua atau Goa (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Nusantara selalu memiliki begitu banyak potensi wisata ini seperti wisata pantai atau pegunungan yang indah. Namun, selain itu terdapat juga wisata alam yang tidak boleh kamu lewatkan yaitu wisata gua atau goa.

Bagi kamu yang penasaran dan sedang mencari rekomendasi wisata gua yang seru juga menarik untuk dikunjungi, berikut lima destinasi wisata gua:


1. Goa Jatijajar

goa-jatijajar-kebumen.jpg" style="width: 100%;">

Foto: Goa Jatijajar Kebumen (awal.id)

Goa Jatijajar adalah sebuah situs geologi yang terbentuk dari proses alamiah yang berada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Goa sepajang sekitar 250 meter ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang indah.

Diseluruh bagian gua juga sudah diterangi cahaya lampu listrik dan sudah dibangun jalan dengan beton dan juga tempat peristirahatan. Gua Jatijajar menjadi salah satu favorit wisatawan khususnya masyarakat Kebumen karena gua ini memiliki kaitannya dengan sejarah kisah Lutung Kasarung yang cukup terkenal.


2. Gua Gong


Foto: Gua Gong (Beritagar.id)

Salah satu wisata gua yang terkenal berikutnya adalah Gua Gong. Gua Gong terletak di Dusun Pulem, Desa Bromo, Kecamatan Punung sekitar 37 km dari pusat kota. Mengapa gua ini dinamakan Gua Gong karena ketika kamu memukul stalagmit atau stalagtitnya maka akan akan timbul suara yang terdengar seperti bunyi gong.


3. Gua Maharani


Foto: Gua Maharani (Travelokezone)

Gua ini terletak di Lamongan, Jawa Timur. Objek wisata ini terhubung secara integratif dengan destinasi wisat lainnya seperti Maharani Zoo dan Tanjung Kodok Resort.

Goa ini memiliki stalagmit dan stalagtit yang indah ditambah lampu yang berwarna warni di setiap sudut goa sehingga makin memperindah suasana di dalamnya

Di sekitar daerah Gua Maharani, terdapat pula kebun binatang dengan nama yang sama, serta Wisata Bahari Lamongan.


4. Goa Pindul


Foto: Goa Pindul (liputan6.com)

Goa Pindul adalah objek wisata gua yang berada di kawasan Gunung Pindul, tepatnya di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk menjelajahi Goa Pindul ini kamu akan menaiki ban pelampung di atas aluran sungai bawah tanah yang mengalir di dalam goa. Kegiatan ini dikenal dengan istilah cave tubing.

Ketika menelusuri goa tersebut kamu membutuhkan waktu kurang lebih selama satu jam yang akan berakhir pada sebuah dam. Aliran sungai yang berada di dalam Goa Pindul sendiri berasal dari mata air Gedong Tujuh.


5. Goa Jomblang


Foto: Gua Jomblang (visitingjogja)

Goa Jomblang adalah destinasi wisata gua yang masih berada di area Gunungkidul yang cukup terkenal. Goa ini berada di perbukitan karst Pesisir Selatan yang memanjang dari Gombong, Jawa Tengah sampai dengan kawasan karst Pegunungan Sewu, Pacitan, Jawa Timur.

Goa Jombloang adalah goa yang terbentuk secara alami karena proses geologi sejak ratusan tahun yang lalu. Proses Geologi yang dimaksud adalah amblasnya bagian atas goa yang membentuk seperti sinkhole.