Tempat Wisata Epik Buat Dikunjungi, di Tana Toraja

Wisata kete susu (travel.kompas.com)

CELEBESMEDIA.ID : Makassar - Anda bisa berwisata sembari mengenal suku Toraja yang masih mempertahankan gaya hidup mereka.

Tana Toraja merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan tempat wisatanya. Kabupaten ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di provinsi Sulawesi Selatan. Oleh karena itu, banyak tempat wisata yang bisa Anda tuju di sini. Berikut objek wisata menarik dan hits yang bisa Anda kunjungi di Tanah Toraja.

1. Wisata Kete Susu


Foto: Wisata Kete Susu (travel.kompas.com)

Tempat ini merupakan sebuah desa yang unik dan ikonik. Kete Kesu menjadi tempat wisata yang paling hits dikunjungi oleh para wisatawan. Desa ini merupakan sebuah kompleks rumah adat Tongkonan yang merupakan rumah adat Tana Toraja. Di dalam Tongkonan ini terdapat mayat-mayat yang disimpan sementara sebelum dikuburkan.

Harga tiket masuknya hanya 10k/orang. Terletak di Jalan Pantanakan Lolo, Kec. Kesu Kab. Toraja Utara, Sulawesi Selatan.


2. Patung Yesus Buntu Burake

Patung ini menjadi salah satu ikon wisata Tana Toraja dan sangat digandrungi oleh para wisatawan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Patung dengan tinggi 40 meter dan terletak pada ketinggian 1.700 di atas permukaan laut ini diyakini sebagai patung tertinggi di dunia.

Harga tiket masuknya hanya 10k/orang. Terletak di Jalan Buntu Burake, Kec. Makale Kab. Tana Toraja Utara, Sulawesi Selatan.


3. Agrowisata Pango Pango 


Foto: Agrowisata Pango Pango (nativeindonesia.com)

Pango-Pango merupakan agrowisata kopi yang terletak di dataran tinggi. Tempat ini sering disebut negeri di atas awan karena Anda akan merasa berada di atas awan ketika berada di tempat ini. Anda dapat mengeksplorasi tentang kopi toraja yang terkenal itu di sini sembari menikmati pemandangan yang memukau dan potret megah Kota Mekale.

Harga tiket masuknya hanya 2k/orang. Terletak di Jalan Pasang, Kec. Makale Kab. Tana Toraja Utara, Sulawesi Selatan.


4. Londa


Foto: Londa Tana Toraja (google.com)

Bagi para wisatawan Tana Toraja, Londa menjadi salah satu wisata wajib yang harus dikunjungi. Londa merupakan sebuah pemakaman yang berada di sebuah tebing batu besar. Mayat di sini tidak dikuburkan di dalam tanah, melainkan dimasukkan ke dalam sebuah peti dan diletakkan di tebing yang sudah dipahat. Peletakan peti tersebut juga tidak bisa sembarangan.

Harga tiket masuknya hanya 10k/orang. Terletak di Jalan Lemo, Kec. Makale Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan.


5. Museum Ne’ Gandeng

Ne’ Gandeng adalah leluhur atau tetua yang sangat dihormati oleh masyarakat Tana Toraja. Ne’ Gandeng memiliki jasa yang besar untuk masyarakat sekitar karena rela menjual kerbaunya agar listrik bisa masuk ke Tana Toraja. Ne’ Gandeng meninggal pada 3 Agustus 1994 dan pemakamannya dilakukan secara detail.

Harga tiket masuknya hanya 3k/orang. Terletak di Jalan Malakiri Tagari, Kec. Balusu Kab. Toraja Utara, Sulawesi Selatan.


6. Kompleks Megalit Kalimbuang Bori

Tatanan batu yang megah ini didirikan untuk menghormati para tetua atau bangsawan yang sudah meninggal ratusan tahun lalu. Batu-batu yang ini di sini juga telah berusia ratusan tahun. Ukuran dan teknik pembuatannya berbeda-beda, tergantung dari status sosial pemiliknya.

Harga tiket masuknya hanya 10k/orang. Terletak di Jalan Bori, Kec. Sesean Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan.


7. Wisata Ollon


Foto: Wisata Ollon (@padendenan_theo)

Ollon merupakan hamparan bukit yang cukup luas dengan pemandangan pegunungan hijau. Bukit ini pada awalnya digunakan oleh warga sekitar untuk menggembalakan sapi dan kuda mereka, namun kemudian dibuka menjadi tempat wisata. Anda bisa menginap di bukit ini dengan mendirikan tenda. Pada malam hari, pemandangan yang akan Anda temui sangat memukau.

Harga tiket masuknya hanya 10k/orang. Terletak di Jalan Bau, Kec. Bonggakaradeng Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan.


8. Air Terjun Kalean


Foto: Air Terjun Kalean (travelingyuk.com)

Keunikan dari air terjun ini yang selalu menyita perhatian wisatawan adalah memiliki tujuh tingkatan dengan tinggi yang berbeda-beda dengan batu besar di tiap tingkatnya. Anda bisa bermain air atau berenang sembari menikmati sajian pemandangan alam yang menakjubkan.

Harga tiket masuknya hanya 10k/orang. Terletak di Jalan Simbuang Mengkendek, Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan.


9. Kampung Lolai

Kampung Lolai juga menyandang predikat sebagai negeri di atas awan. Anda bisa melihat gulungan awan di depan mata, serasa berada di atas kahyangan. Anda dapat menginap di sini dengan mendirikan tenda. Untuk mendapatkan pemandangan terbaik di sini, Anda bisa berkunjung saat cuaca cerah. Tempat ini juga sangat indah ketika matahari terbenam.

Harga tiket masuknya hanya 15k/orang. Terletak di Jalan Benteng Mamalu, Kec. Kapala Pitu Kab. Tana Toraja, Sulawesi Selatan.