Ketahui Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan, Terutama Baik untuk Jantung

Manfaat Daun Krokot bagi Kesehatan (shopee.co.id)

CELEBESMEDIA.ID, Makassar - Daun Krokot memiliki potensi sebagai sumber air dan energi yang efektif karena kandungan nutrisinya yang meliputi kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, dan natrium dalam proporsi yang seimbang.

Selain itu, daun krokot juga mengandung beragam vitamin, seperti vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, dan vitamin A.

Konsumsi daun krokot dapat memberikan manfaat kesehatan mulai dari mencegah sampai menyembuhkan berbagai penyakit.

Berikut adalah manfaat kesehatan dari daun krokot:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan: Daun krokot memiliki rendah kalori menjadikannya pilihan baik sebagai tambahan menu dalam diet penurunan berat badan.

Ekstrak krokot juga diketahui memiliki potensi efek anti-obesitas dan anti-diabetes.

2. Membantu Perkembangan Anak: Kandungan asam lemak baik (omega-3) dalam tanaman krokot dapat mendukung perkembangan anak-anak.

Penelitian awal menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat berperan dalam mengurangi tanda dan gejala gangguan perkembangan, seperti autisme dan ADHD.

3. Meningkatkan Sistem Pencernaan: Daun krokot telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Cina untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti wasir dan diare.

Kandungan kimia seperti dopamin, asam malat, asam sitrat, alanin, dan glukosa dalam tanaman ini dapat membantu mengatasi masalah pencernaan.

4. Membantu Merawat Kulit: Krokot dapat digunakan untuk merawat kondisi kulit, karena mengandung tinggi vitamin A.

Konsumsi olahan daun krokot dapat membantu perbaikan kulit, mengurangi kerutan, dan merangsang penyembuhan sel kulit, serta dapat digunakan topikal untuk mengatasi alergi kulit.

5. Memperkuat Tulang: Krokot mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, besi, dan mangan, yang bermanfaat bagi kesehatan tulang.

Kandungan ini mendukung perkembangan jaringan tulang dan proses penyembuhan tulang, sambil memberikan sifat anti-inflamasi untuk pencegahan osteoporosis.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Tingginya asam lemak omega-3 dalam krokot dapat membantu mengurangi kolesterol LDL dan meningkatkan keseimbangan kolesterol.

Konsumsi makanan tinggi omega-3 juga terbukti mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan aterosklerosis, sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Kandungan potasium dalam krokot juga dapat membantu menurunkan tekanan darah melalui efek vasodilator, merelaksasi pembuluh darah, dan mengurangi ketegangan pada jantung.***