Gerak Pada Tumbuhan (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Walau terlihat diam di tanah, ternyata tumbuhan juga melakukan gerak. Contoh misal, tanaman putri malu yang ketika disentuh akan menutup daunnya. 

Terdapat tiga macam gerak pada tumbuhan, yaitu gerak endonom, higroskopis, dan esionom. Berikut penjelasan gerak pada tumbuhan yang perlu kamu ketahui.


1. Gerak Endonom

Gerak endonom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh rangsangan dari dalam sel atau tubuh tumbuhan itu sendiri. Gerakan ini contohnya terjadi pada kloroplas yang bergerak berkeliling di dalam sel. Hal itu muncul akibat pergerakan sitoplasma di dalam sel.


2. Gerak Higroskopis

Gerak Higroskopis adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang timbul akibat perubahan kadar air.

Contohnya adalah kacang-kacangan yang telah lama matang biasanya akan mengerut dan permukaannya menjadi tidak rata. Hal itu disebabkan karena terjadi perubahan kadar air di dalam sel yang tidak merata.

Contoh gerak higroskopis lainnya adalah membukanya dinding sporangium pada tumbuhan paku.


3. Gerak Esionom

Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar tubuh tumbuhan. Contoh gerak esionom yaitu ujung batang putri malu tumbuh menjauh dari tanah.

Gerak esionom dapat dibedakan lagi menjadi tiga macam:

* Gerak tropisme: gerak yang arahnya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang, misalnya bunga yang menghadap matahari, atau putri malu yang menjauhi tanah

* Gerak taksis: gerak pindah tempat seluruh bagian, contohnya Algae yang bergerak karena memiliki flagela

* Gerak nasti: gerak tumbuhan yang tidak dipengaruhi datangnya arah rangsang, contohnya daun putri malu yang menguncup ketika disentuh, namun arah daunnya tidak mengikuti atau menjauhi arah sentuhan.