Taman Laut Takabonerate, Ikon Wisata Bahari Terkenal di Sulawesi Selatan

Taman Laut Taka Bonerate. (Foto: Trip.Web.id)

CELEBESMEDIA.ID : Makassar - Taman Laut Taka Bonerate merupakan destinasi terbaik untuk berwisata bahari, menyelam dan snorkeling yang ada di Sulawesi Selatan. Ketika air surut, Anda akan disuguhi pemandangan daratan kering dan diselingi genangan air yang membentuk kolam-kolam kecil yang dijamin cantik!

Lokasi Taman Laut Takabonerate

Taman Laut Takabonerate berada di Pulau Tinabo Besar, Takabonerate, Kab. Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan. Jaraknya dari ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar adalah 25 km sedangkan dari kota Makassar sekitar 300 km.

Untuk mengunjungi Taman Laut Takabonerate pengunjung dari makassar bisa melakukan perjalanan udara melalui Bandara Aropala yang ada di Selayar. Atau jika ingin menggunakan jalur darat maka pengunjung bisa menggunakan bus dari Terminal Malengkeri atau Makassar ke Pelabuhan Pamatata atau Selayar menuju Benteng.

Apa yang menarik dari Taman Laut Takabonerate?

Foto: Jinato Wall Paradise

Taman Laut Takabonerate terkenal dengan Topografinya yang menarik berupa atol yang terdiri dari gugusan pulau-pulau gosong dan karang serta terumbu karang yang luas. Bahkan telah menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO secara tentatif dan menjadi ikon wisata bahari yang terkenal di Sulawesi Selatan.

Taman Laut TakaBonerate ini menjadi kawasan atol atau terumbu karang terbesar ketiga di dunia. Setelah adanya Kwajifein yang ada di kepulauan Marshall dan sebuah negara kepulauan yang ada di Samudera Pasifik di bagian barat serta Suvadiva di Kepulauan Maladewa.

TakaBonerate memiliki 244 jenis moluska, 261 jenis terumbu karang dari 17 famili, 295 jenis ikan karang aneka warna, dan daratan terumbu karang sebesar 500 kilometer persegi di atol seluas 220.000 hektar.

Wahana Diving dan Snorkeling Taman Laut Takabonerate

Untuk kamu yang pertama kali ke Taka Bonarate lebih baik datang saat musim panas di bulan April – Juni untuk mendapatkan cuaca yang bagus. Atau bisa juga di bulan Oktober – Desember karena biasanya diselenggarakan beberapa event di sana.

Pada saat ada event Anda nanti bisa menyaksikan atraksi wisata di Kabupaten Selayar, lalu mengikuti event Ekspedisi Taka Bonerate di bulan Oktober – Desember yang mencakup turnamen memancing internasional, Underwater Exhibition, exploring, Lomba Fotografi Bawah Luat dan Lomba Foto Darat, Lomba Menulis Blog, hingga Fam Tour, Parade Joloro Hias, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Foto: tntakabonerate.com

Taman Laut Taka Bonerate ini memang menjadi surga untuk para pecinta diving. Beberapa spot diving yang bisa dikungjuni diantaranya: 

- Spot mercusuar dengan karakteristik lokasi yang berupa reef edge atau karang tepi. Memiliki suhu 27 derajat dan juga pola arus yang berupa arus susur pantai. 

- Spot Jinato Wall Paradise dengan kedalaman hingga 15 meter dan juga kecerahan mencapai 15 sampai 20 meter.

- Spot The Rivers yang letaknya di Pulau Jinato dengan karakteristik lokasi berupa slope/ wall/ drop off atau dinding dan suhu sekitar 28 derajat.