Intip Pesona Pantai Tanjung Bira yang Menawan

Pantai Tanjung Bira Makassar. (Foto:celebes.id)

CELEBESMEDIA.ID : Makassar – Salah satu tempat dengan daya tarik luar biasa di sekitar Makassar adalah Pantai Tanjung Bira yang terletak di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Keindahan Tanjung Bira ini mampu menyamai pantai-pantai di pulau Bali lho..

Tanjung Bira terletak sekitar 40 km dari Kota Bulukumba atau sekitar 1-2 jam perjalanan. Jika dari Kota Makassar itu berjarak 200 km atau dengan waktu tempuh sekitar 3-4 jam lamanya.

Meskipun perjalanan dari kota Makassar cukup panjang, namun kami pastikan Anda tidak akan bosan selama perjalanan. Karena di sepanjang jalan, Anda akan disuguhi berbagai macam pemandangan dan panorama indah.

Nah, mau tau apa saja keindahan pantai bira? yuk simak ulasan selengkapnya.


Foto: Bulukumbakab.go.id

Tanjung Bira sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti tempat persewaan alat-alat menyelam, rumah makan, kamar mandi yang nyaman, persewaan motor, dan pelabuhan kapal ferry yang digunakan untuk mengantar para wisatawan yang ingin menyelam di Pulau Selayar. 

Dengan biaya tiket masuk sekitar Rp 10.000,00 rupiah untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing, Anda sudah bisa masuk kawasan wisata Tanjung Bira. 

Tiket di atas hanya berlaku untuk hari biasa, sedangkan pada hari libur dan hari minggu harganya akan berbeda. Tiket masuk hari libur bisa naik sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Selain itu, Anda juga diharuskan membayar parkir untuk kendaraan roda dua seharga Rp 5.000 dan roda empat seharga Rp 10.000.

Untuk akomodasi penginapan tersedia villa, bungalow dan hotel dengan tarif mulai dari Rp 100.000,00 hingga Rp 600.000,00 per malamnya.


Foto: anekatempatwisata.com

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di kawasan wisata Tanjung Bira, salah satunya adalah snorkeling maupun diving. Anda dapat menikmati keindahan bawah laut Tanjung Bira di beberapa spot. Spot di kisaran Pulau Liukang Loe, yakni sebuah pulau kecil yang terletak di seberang barat Tanjung Bira merupakan salah satu spot terbaik. 

Pengunjung juga dapat menghabiskan waktu libur di Tanjung Bira dengan sekedar berjemur di bawah matahari sambil menikmati segarnya angin yang berhembus, indahnya perpaduan landscape putihnya pantai dan birunya laut, serta menyaksikan pesona matahari terbit dan terbenam.


Foto: google.com

Salah satu hal yang membuat pantai ini terkenal adalah karena adanya rumah pembuatan kapal tradisional Phinisi. Kapal ini merupakan kapal tradisional dan khas rakyat Sulawesi terutama suku Bugis. Hingga kini, suku Bugis masih mempertahankan kemampuan membuat kapal phinisi. Bahkan, tempat ini menjadi pusat pembuatan kapal phinisi di Indonesia.