Seni Rupa (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Seni rupa adalah kesenian atau sebuah karya, yang kuat akan visualisasi, dan interaksi dengan manusia. Untuk lebih memahami seni rupa, selanjutnya kita akan membedah apa saja unsur-unsur seni rupa itu sendiri.

Menyadur dari Massart, seni rupa bisa dijelaskan melalui unsur-unsur dan kaidahnya, apa sajakah itu?


1. Garis

Garis merupakan pengembangan dari unsur titik. Garis disebutkan sebagai unsur yang bergerak di dalam sebuah ruang kosong. Garis sebagai unsur seni rupa, juga bisa berkembang lagi menjadi wujud dua dimensi atau tiga dimensi.


2. Bentuk

Bentuk merupakan salah satu unsur seni rupa yang bisa kita lihat pada karya seni dua dimensi.


3. Bidang

Bidang merupakan perkembangan dari bentuk. Jika bentuk ada pada karya seni dua dimensi, maka unsur bidang ada pada karya seni tiga dimensi. Unsur seni rupa yang satu ini terdiri dari panjang, lebar, tinggi dan kedalaman.


4. Tekstur

Seni rupa adalah karya seni yang bisa dilihat dan dirasakan oleh manusia. Oleh karena itu, tekstur jadi unsur seni rupa yang berkaitan dengan interaksi manusia tersebut. Karya seni rupa, tak hanya bisa dilihat secara visual, melainkan juga bisa dirasakan bentuknya. Salah satu contoh seni rupa yang bisa dirasakan teksturnya adalah patung.


5. Ruang

Ruang, terbagi menjadi dua yaitu positif dan negatif. Unsur seni rupa ruang, cukup subyektif, karena berkaitan dengan seniman itu sendiri. Unsur seni rupa yang satu ini, menciptakan kedalaman dari sebuah karya.


6. Warna

Dalam konteks teknikal, unsur seni rupa warna terbagi lagi menjadi beberapa bagian.

Bagian pertama adalah warna itu sendiri. Warna apa yang akan dihadirkan dalam karya seni rupa. Selain itu, unsur seni rupa warna juga memiliki value, yang berkaitan dengan gelap terangnya sebuah warna. Terakhir, warna juga memiliki intensitas. Intensitas warna berkaitan dengan seberapa kuat dan lemahnya warna dalam sebuah karya seni rupa.


7. Nilai

Unsur seni rupa nilai dalam hal ini berkaitan dengan warna. Maksudnya, seberapa besar kekuatan warna pada karya seni rupa dan seberapa berpengaruhnya nilai warna tersebut.