Tingkatan Takson dalam Pengelompokan Makhluk Hidup

Kingdom animalia dalam takson (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Klasifikasi merupakan usaha pengelompokkan organisme atau makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri umum. Klasifikasi ini bertujuan untuk bisa mempelajari makhluk hidup secara sistematis. Dengan begitu akan mempermudah pengenalan dan pembelajaran organisme yang beragam.

Selain itu, klasifikasi ini juga bisa menunjukkan hubungan kekerabatan satu organisme dan organisme lainnya. Mengetahui asal mula suatu organisme dan mengidentifikasi jenis organisme sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ilmu yang mempelajari klasifikasi makhluk hidup disebut taksonomi.

Kingdom merupakan tingkat takson tertinggi dalam sistem klasifikasi makhluk hidup, sementara, spesies merupakan tingkat takson terendah. Adapun urutan tingkat taksonnya tertinggi sampai terendah berturut-turut adalah sebagai berikut.

* Kingdom (kerajaan)

Sistem klasifikasi 5 kingdom menyatakan bahwa di Bumi terdapat 5 kerajaan makhluk hidup yang terdiri dari, Kingdom Monera, Kingdom Protista, Kingdom Plantae (tumbuhan), Kingdom Animalia (hewan), dan Kingdom Fungi (jamur).

* Divisi (tumbuhan)/ filum (hewan)

Tingkat takson ini disebut sebagai divisi untuk tumbuhan dan filum untuk hewan.

* Kelas

Contohnya, ayam dan burung berada pada kelas yang sama, yaitu Aves.

* Ordo (bangsa)

Contoh singa, harimau, dan anjing berada dalam satu ordo sebagai hewan karnivora.

* Famili (keluarga)

Dalam satu famili, terdapat beberapa makhluk hidup dengan genus atau marga yang sama.

* Genus (marga)

Contohnya harimau loreng (Panthera tigris) dengan leopard (Panthera pardus). Kedua harimau tersebut memiliki genus yang sama, yaitu Panthera.

* Spesies (jenis)

Spesies merupakan tingkat takson terendah dan menunjukkan jenis makhluk hidup itu sendiri, contoh pisang ambon, daun bayam, tokek, komodo, harimau sumatera dan sebagainya.