5 Rekomendasi Wisata Karimunjawa Paling Eksotis

Wisata Kepulauan Karimunjawa (Foto: canva)

CELEBESMEDIA.ID: Makassar - Kepulauan Karimunjawa merupakan gugusan pulau yang masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Tempat ini sangat populer dengan pesona Taman Laut yang memiliki beragam pilihan destinasi wisata.

Tidak hanya taman laut, kepulauan ini juga memiliki pantai, hutan mangrove, hingga tradisi masyarakat yang menjadi andalan pariwisata di kawasan ini. Jadi tak heran jika Kepulauan Karimunjawa  dinobatkan sebagai “The Paradise of Java”.


1. Pantai Tanjung Gelam


Foto: Pantai Tanjung Gelam (canva)

Wisata Karimunjawa yang pertama adalah Pantai Tanjung Gelam. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi di Karimunjawa. Pantai ini memiliki ribuan panorama yang bisa Anda nikmati.

Anda bisa menikmati suasana pantai dengan angin laut yang sejuk dan terumbu karang juga terlihat dari kapal. Pasir Pantai Tanjung Gelam cukup halus dan bersih juga lumayan luas.

Di sekitar pantai juga terdapat pohon kelapa yang berjajar dengan sempurna. Uniknya lagi, di pantai Tanjung Gelam terdapat beberapa pohon kelapa yang miring ke laut seolah tampak hendak roboh atau jatuh, sehingga sangat cocok dijadikan background foto untuk Anda yang gemar berfoto.


2. Pantai Batu Topeng


Foto: Pantai Batu Topeng (Inibaru.id)

Wisata Karimunjawa yang kedua adalah Pantai Batu Topeng. Pantai ini bisa diakses baik melalui jalur laut maupun darat. Jika anda ingin mengunjungi pantai Batu Topeng dengan akses darat, maka anda hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari alun-alun Karimunjawa.

Di pantai Batu Topeng juga terdapat beberapa warung yang menyediakan menu makanan dan minuman seperti mie instan, es kelapa, kopi, teh, dan sebagainya. Jadi Anda bisa menikmati suasana pantai tanpa perlu khawatir kehabisan bekal di sini.


3. Pulau Menjangan Besar

Wisata Karimunjawa yang ketiga adalah Pulau Menjangan Besar. Pulau Menjangan Besar merupakan pulau terbesar kedua setelah Pulau Karimunjawa. Pulau ini juga merupakan pulau terdekat dari pelabuhan dan dermaga Karimunjawa.

Untuk bisa ke pulau ini, Anda bisa mengunjungi pulau besar ini dengan menggunakan perahu wisata atau perahu nelayan dengan waktu tempuh kurang lebih 5 hingga 10 menit.


4. Pulau Menjangan Kecil


Foto: Pulau Menjangan Kecil (TripAdvisor)

Wisata Karimunjawa yang keempat adalah Pulau Menjangan Kecil. Waktu yang Anda tempuh untuk sampai ke Pulau Menjangan Kecil sekitar 5 jam. Namun di sepanjang perjalanan, Anda akan disajikan dengan pemandangan indah di sekitar Anda.

Pulau Menjangan Kecil menawarkan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Selain berenang dan menyelam, aktivitas wisata lain yang bisa dilakukan di Pulau Menjangan Kecil adalah snorkeling. Oleh karena itu, pulau ini juga disebut sebagai 'Surga' untuk kegiatan snorkeling dan diving.


5. Pulau Gosong Tengah

Wisata Karimunjawa berikutnya adalah Pulau Gosong Tengah. Di Karimunjawa juga terdapat tempat wisata unik yang dinamai Pulau Gosong Tengah. Pulau ini adalah endapan pasir yang berada di tengah lautan. Penduduk lokal menyebutnya dengan gosongan. Lalu apa yang membuatnya unik?

Selain disebut sebagai Pulau Gosongan, pulau ini juga disebut dengan Pulau Timbul Tenggelam. Ini karena pulau ini hanya dapat ditemui di permukaan pada sekitar pukul 9 pagi hingga 5 sore, dan selebihnya pulau ini akan tertutup air laut atau tenggelam.